KORANNTB.com – Kawasan Gunung Rinjani terbakar sejak Jumat, 4 Agustus 2023. Sebanyak dua jalur pendakian ditutup sementara akibat kebakaran yang terus meluas. Dua jalur tersebut yaitu jalur pendakian Aik Berik Lombok Tengah dan jalur Tetebatu Lombok Timur.

Kepala Balai TNGR Dedy Asriadi mengatakan penutupan tersebut tertuang dalam surat keputusan nomor: PG.1158/T.39/TU/KSA/8/2023.

“Penutupan ini untuk memperhatikan kejadian kebakaran hutan yang terjadi tanggal 4 Agustus 2023 di Jalur Wisata Pendakian Aik Berik dan Tetebatu di kawasan TNGR,” katanya dalam keterangan pers.

Penutupan sejak 7 Agustus 2023 hingga batas waktu yang belum dapat ditentukan. Pendaki diminta tidak melalui jalur tersebut serta mewaspadai kebakaran yang dapat meluas.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Dwi Pangestu mengatakan pendaki dialihkan menggunakan jalur lain.

“Nanti yang sudah mendaftar lewat kedua jalur tersebut kita alihkan ke jalur yang lain ke jalur Sembalun Lombok Timur, Senaru dan jalur Torean Lombok Utara.

Saat ini petugas masih melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Kondisi lokasi kebakaran yang cukup terjal membuat petugas kesulitan memadamkan api. (red)