KORANNTB.com – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah menggelar acara silatturahmi di kediamannya dengan ratusan warga Sumbawa di Lombok yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Samawa (IKS).

Acara tersebut dikemas dengan acara pembacaan al-quran sekaligus pengajian dan dilanjutkan dengan penampilan tari dan kreasi khas Sumbawa.

Ketua IKS, Dr. H. Subhan Abdullah Acim mwngatakan acara ini merupakan acara bulanan yang secara rutin diselenggarakan oleh IKS di berbagai daerah di Indonesia.

Link Banner

“Ini adalah acara bulanan, dan ini sekaligus mempererat tali silaturrahmi anatara keluarga Sumbawa yang ada di Lombok,” kata Subhan, Minggu, 13 Agustus 2023.

Acara silaturrahmi antar keluarga Sumbawa ini dibuka oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. Dalam sambutannya Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan bahwa Pulau Sumbawa hingga saat ini masih mempertahankan tradisinya.

Tentunya dengan pertahanan tradisi di tengah gempuran zaman ini merupakan bagian dari pengamalan untuk tetap mengingat asal usul seperti yang terjadi di desa Hijrah. Yang mana seluruh warga yang ada di desa Hijrah mulai dari anak anak tetap mempertahankan tradisinya.

“Di desa Hijrah yang warganya  masih  melestarikan budaya Sumbawa, dan akan memberikan penghargaan kepada anak anak yang masih mempertahankan tradisi Sumbawa,” kata Zulkieflimansyah.

Dia pun memberi semangat kepada anak anak kreatif tersebut untuk terus menjaga adat istiadat.

“Di tengah hiruk pikuk perkembangan zaman, anak kecil masih menjaga tradisi Sumbawa, dan menegakkan syariat Allah. Semoga nanti anak anak kita bisa menjadi pemimpin di masa depan,” imbuhnya.

Tampak hadir pada acara tersebut juga beberapa warga Sumbawa yang saat ini menjabat sebagai  pejabat Pemprov NTB dan juga Pemkab Sumbawa dan Sumbawa Barat.

Adapun rangkaian kegiatan silaturrahmi IKS ini dibuka dengan penampilan beberapa kreasi tarian dan tradisi khas Sumbawa, yang diperagakan oleh anak anak seperti seperti Sekeco, Tari Ngumang, Rabalas Lawas, dan Tarian Nuja Rame.