KORANNTB.com – Hari adalah 15 September yang menjadi momentum Hari Demokrasi Internasional dan Hari Insinyur Sedunia. Namun di balik perayaan tersebut, ternyata 15 September memiliki sejarah yang sering identik dengan pertempuran di dunia.

Berikut ini adalah deretan peristiwa pada 15 September yang dihimpun koranntb.com:

Pertempuran Sekigahara

Pada 15 September 1600 dikenal dengan Pertempuran Sekigahara di distrik Fuwa, Provinsi Mino, Jepang. Dalam pertempuran tersebut melibatkan pihak yang dipimpin Tokugawa Ieyasu melawan pihak Ishida Mitsunari sehubungan perebutan kekuasaan sesudah kematian Toyotomi Hideyoshi.

Pertempuran dimenangkan oleh pihak Tokugawa Ieyasu yang memuluskan jalan menuju terbentuknya Keshogunan Tokugawa.

Kematian Toyotomi Hideyoshi hanya meninggal anak bayi. Oleh karena itu Tokugawa Ieyasu yang merupakan kepemimpinan Hideyoshi mengambil alih kepemimpinan. Kepemimpinan tersebut ditentang oleh dewan yang sama Ishida Mitsunari.

Ishida Mitsunari sangat identik dengan kepiawaian berpolitik ketimbang militer. Namun dia memiliki dukungan klan barat, sehingga dikenal dengan pasukan barat. Berbeda dengan Tokugawa yang memiliki pasukan di timur.

Pada peperangan tersebut penuh dengan permainan mata-mata, taktik dan strategi serta penghianatan yang membuat Ishida Mitsunari kalah dan tertangkap. Dia kemudian dieksekusi mati. Dengan demikian lahirlah Keshogunan Tokugawa sistem diktator militer di Jepang yang hidup selama 265 tahun yang kemudian diakhiri dengan Restorasi Meiji.

Antisemit

15 September 1935 Jerman Nazi membuat Undang-Undang Nurenberg. Itu merupakan regulasi yang menghapus kewarganegaraan bangsa Yahudi di Jerman. Dari sanalah awal mula Yahudi mulai terasing.

Hari yang sama juga Jerman mengadopsi bendera baru berbentuk swastika.

Fasisme Italia

Hari yang sama delapan tahun kemudian, Mussolini menandingi Hitler dengan Nazi mereka. Mussolini pada 15 September 1943 membentuk pemerintah fasis di Italia untuk menyaingi Hitler.

Sekutu Tiba di Jakarta

Beralih ke Indonesia, pada 15 September 1945 sekutu tiba di Jakarta untuk melucuti tentara Jepang. Pendaratan pasukan sekutu di Jakarta setelah Indonesia merdeka dan menjadi babak baru perjuangan bangsa Indonesia.

Perang Korea

Pada 15 September 1950 angkatan bersenjata Amerika Serikat mendarat di Incheon Korea. Pasukan PBB yang dipimpin oleh AS merebut kembali Seoul yang telah jatuh di tangan komunis Korea Utara.

Pasukan Amerika Serikat dalam Perang Korea.(National Geographic)

Itu adalah deretan peristiwa sejarah yang terjadi pada 15 September. Masih banyak peristiwa-peristiwa lainnya yang terjadi di tanggal tersebut, namun bukan merupakan peristiwa berdarah.