KORANNTB.com – Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini memiliki suhu cukup panas. Jika normalnya di angka 25 – 35 derajat celcius, kini suhu di NTB di atas angka tersebut.

Suhu di Lombok 33-34 derajat celcius, sementara di Pulau Sumbawa 35-36 derajat celcius dan bahkan pernah menyentuh angka 37 derajat celcius.

“Pulau Sumbawa menyentuh angka 37 derajat celcius pada 24 September lalu,” kata Prakirawan BMKG NTB Restu Patria Megantara.

Sementara Stasiun Meteorologi Bima merilis kondisi suhu di NTB pada umumnya. Indeks Sinar Ultraviolet (UV) atau gelombang elektronik dari radiasi matahari cukup tinggi.

Selian karena masih dalam kondisi kemarau, kurangnya tutupan awan dan posisi semu matahari menjadi penyebab. Belum lama ini terjadi Fenomena Kulminasi atau Hari Tanpa Bayangan di Indonesia.

“Secara umum nilai index UV bernilai cukup tinggi mengingat masih musim kemarau ditambah dengan tutupan awan yang sedikit dan posisi semu matahari menunjukkan pergerakan ke arah selatan ekuator di mana wilayah Nusa Tenggara dan Jawa mendapatkan pengaruh dampak penyinaran matahari yang relatif lebih intens dibandingkan wilayah lainnya,” tulis Stasiun Meteorologi Bima.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah atau menggunakan krim pelindung kulit dari sinar matahari.

“Kondisi tersebut mengakibatkan suhu terasa panas dan cuaca cerah. Sehingga, kami menghimbau untuk jangan terlalu banyak beraktivitas di luar secara bebas tanpa memakai sunscreen/pelindung,” ujarnya.

Fenomena Kulminasi (Baca Selanjutnya)