Penulis: Kurnia Tasniyah Salsabiila (Mahasiswi UIN Mataram)

KORANNTB.com – Berbicara tentang pariwisata NTB memang tidak ada habisnya. Baik di Pulau Lombok maupun Pulau Sumbawa memiliki deretan pantai yang cantik.

Salah satu pantai yang tidak kalah cantik dengan pantai lainnya adalah Pantai Lariti di Kabupaten Bima. Lokasinya berada di Desa Soro, Kecamatan Lambu.

Untuk menunju Pantai Lariti bisa ditempuh menggunakan sepeda motor maupun roda empat lainnya. Jalan menuju lokasi melewati pegunungan.

Jika dari Kota Bima, dapat menempuh 52 kilometer untuk sampai ke pantai tersebut atau setara dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit.

Pantai ini memiliki keunikan karena memiliki identik dengan air laut yang terbelah. Di tengah-tengah terdapat jalan berpasir membelah di antara dua pulau. Jika menyeberangi jalan pasir tersebut akan tiba di sebuah pulau kecil. Jaraknya hanya sekitar 250 meter.

Air laut akan terbelah pukul 05.00 hingga 10.00 Wita di pagi hari. Kemudian akan terbelah juga pukul 15.30 hingga 19.00 Wita di sore hari.

Momen saat lautan tersebut terbelah menjadi daya tarik pengunjung untuk berjalan di tengah lautan yang terbelah tersebut.

Pantai Lariti memiliki  pasir putih dan bersih. Selain itu terdapat pecahan karang di beberapa tempat. Tekstur pasir lembut di pantai ini enak untuk dikunjungi dan dijadikan tempat liburan bersama orang tersayang.

Pantai Lariti/sumber gambar : Instagram oncha30

Pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih dan tenang. Wisatawan bisa melihat dasar laut di pinggir pantai karena jernihnya air.

Pantai ini memiliki beberapa terumbu karang bawah laut yang dikelilingi oleh ikan-ikan kecil dengan warna yang sangat indah. Pantai ini sering dijadikan tempat perkemahan remaja karena di tempat ini juga terdapat tempat berkemah. Umumnya para pekemah membawa perlengkapannya sendiri, karena di lokasi ini tidak ada persewaan tempat perkemahan.

Pantai Lariti juga memiliki beberapa spot foto  menarik. Tempat ini sangat cocok bagi para fotografer untuk mengabadikan berbagai momen.

Beberapa fasilitas yang ada di pantai tersebut antara lain tempat parkir, warung makan dan minuman, pedagang keliling, tempat istirahat, tempat berkemah, menara pemandu, spot foto hingga toilet.