KORANNTB.com – Kepala Kanwil Kemenag NTB, Zamroni Aziz mengajak masyarakat Mbojo dan NTB meneladani spririt perjuangan Sultan Abdul Kahir Bima.

“Sultan Abdul Kahir merupakan Sultan Bima pertama yang melahirkan sultan-sultan Bima yang memiliki jasa yang luar biasa dan patut dijadikan spirit bagi generasi bangsa,” ujarnya saat ziarah makam di Dana Traha, Komplek Pemakanan Kesultanan Bima, Jumat, 17 November 2023.

Zamroni mengatakan, berziarah ke makam Sultan Abdul Kahir bertujuan untuk mengenang jasa-jasanya kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta berzikir dan berdoa.

“Kita harus bersyukur dan banyak memiliki rasa terimakasih kepada para pahlawan. Karena mereka ikhlas mengorbankan jiwa, raga dan bahkan harta serta keluarga mereka untuk kemerdekaan bangsa yang saat ini kita rasakan,” ujarnya.

Ia berharap, jajaran Kemenag NTB bisa meneledani perjuangan pahlawan untuk diimplementasikan dalam lingkungan kerja sehari-hari, sehingga keberadaan Kemenag NTB bisa sangat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Diharapkan ASN dan para generasi penerus dapat mengenang kembali semangat perjuangan yang telah ditunjukkanNpara pahlawan dan sekaligus mendoakan agar para kusuma bangsa yang telah mendahului kita mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ujar dia.

Zamroni berpesan berpesan kepada masyarakat Bima untuk terus membangun semangat gotong royong dalam kehidupan bernegara, tanpa mempertimbangkan adanya perbedaan suku, agama dan ras.

“Gotong royong menjadi sumbu kekuatan bagi kita dalam menciptakan harmoni kerukunan. Tanpa memandang agama dan segala macamnya. Karena pada hakikatnya, perbedaan dalam kebersamaan menjadi sebuah keniscayaan yang harusme bisa kita terima,” katanya.

Sementara, Kepala Kemenag Kota Bima, Syahrir menambahkan ziarah makam Sultan Abdul Kahir ini merupakan momentum yang sangat ditunggu oleh seluruh ASN Kemenag Kota dan Kabupaten Bima.

“Kami sampaikan terimakasih kepada Kanwil Kemenag NTB Zamroni Aziz didampingi Ketua DPW Kemenag NTB, Megawati Lestari atas kehadirannya di Bima dan berziarah makam Sultan Abdul Kahir,” katanya.