KORANNTB.com – Beredar sebuah video yang memperlihatkan perahu bertulis “Blue Lagoon Island” tenggelam. Para wisatawan terapung di lautan menggunakan pelampung keselamatan mengapung di dekat perahu yang tenggelam.

Video tersebut beredar di media sosial dengan narasi yang berbeda. Ada yang menyebut kejadian terjadi di perairan Gili Trawangan dan ada yang menyebut di Bali.

Faktanya kejadian tersebut bukan terjadi di Bali atau Lombok. Kejadian sebenarnya terjadi di luar negeri atau tepatnya di sebuah perairan menuju Pulau Blue Lagoon, sebuah tujuan wisata populer yang terletak di timur laut ibu kota Nassau, Bahama.

Link Banner

Bagaimana cara cek fakta kejadian?

Cara mengecek dari mana asal video tersebut cukup mudah. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek lokasi kejadiannya.

Cara pertama dengan mengetik nama perahu pada lambung kapal tersebut, seperti “Blue Lagoon Island” lalu mencari di Google. Di sana ada beberapa berita luar negeri atau dalam negeri yang mengabarkan peristiwa tersebut.

Selain itu bisa juga dengan cara melakukan tangkapan layar (screnshoot) pada bagian-bagian video lalu foto hasil screnshoot tersebut dimasukan dalam image.google.com atau yandex. Nantinya akan menampilkan hasil kemiripan gambar yang membawa Anda kepada sebuah link berisi informasi kejadian.

Cara-cara seperti ini biasanya dilakukan oleh tim Cek Fakta di Indonesia sebagai tindakan untuk menyanggah hoax.

Jadi, sebelum menyebarkan informasi yang ditemukan di internet, sebaiknya pastikan dulu informasi tersebut benar-benar terjadi atau hanya hoax, melalui metode tersebut.