KORANNTB.com – Gencatan senjata antara milisi Hamas dan penjajah Israel akan berakhir pukul 7 pagi waktu Gaza, Selasa, 28 November 2023. Untuk diketahui perbedaan waktu di Indonesia lebih cepat lima jam dengan Gaza. Pukul 7 pagi waktu Gaza yaitu pukul 12 siang waktu Indonesia.

Gencatan senjata antara Hamas dan Israel sudah berlangsung empat hari, yang dimulai sejak Jumat, 24 November 2023. Sepanjang gencatan senjata, tank-tank Israel meninggalkan Gaza dan pertukaran tahanan dilakukan.

Berdasarkan kesepakatan gencatan senjata, 50 tawanan Israel termasuk warga asing akan dibebaskan Hamas. Sebagai imbalan, Israel membebaskan 150 warga Palestina yang ditahan.

Sebagian warga Gaza menikmati jeda perang dengan pergi ke pantai untuk healing bersama keluarga. Sebagian besar lainnya memanfaatkan waktu gencatan senjata untuk mengungsi.

Sementara Israel mengatakan akan melakukan serangan penuh ke Gaza saat waktu gencatan senjata berakhir.

Terjadi insiden saat gencatan senjata, di mana tentara Israel menembak pengungsi yang kembali ke rumah mereka di Gaza utara. Insiden tersebut terekam dalam sebuah video yang dibagikan Al Jazeera. Dikabarkan dua warga Palestina tewas dan 11 luka-luka.

Israel berdalih Gaza utara adalah zona perang sehingga tidak diperbolehkan adanya aktivitas warga di sana. Hanya diperbolehkan adanya pergerakan dari utara ke selatan.

Gencatan Senjata Diperpanjang?

Setelah empat hari masa gencatan senjata… selanjutnya