KORANNTB.com – Pengamat politik Rocky Gerung layangkan banyak kritik dan merespon langkah politik calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang membagi-bagi susu UHT saat kampanye di acara Car Free Day (CFD) di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Rocky mengatakan bagi-bagi susu tidak urgen bagi masyarakat, karena susu UHT dinilai sebagai konsumsi ketiga masyarakat Indonesia.

“Urgensi dari sisi apa? Dari sisi nyogok urgen. Dari pihak pemberi urgen untuk membeli suara, dari pihak emak-emak bukan itu yang urgen karena susu itu adalah konsumsi ketiga,” katanya saat di Mataram Lombok, Sabtu, 9 Desember 2023 kemarin.

Sebelumnya Gibran membagi-bagi susu UHT kepada pejalan kaki di MH Thamrin. Banyak pihak yang menilai langkah Gibran kurang tepat karena membagikan susu yang tinggi gula dibandingkan protein.

Apalagi, pembagian susu gratis tersebut juga menyasar anak-anak yang dinilai tidak tepat membagikan minuman yang tinggi gula.

Bawaslu DKI juga dikabarkan tengah mengkaji soal kampanye di acara CFD tersebut. Karena, tidak ada pemberitahuan kepada Bawaslu soal rencana kampanye tersebut.

Selain menyoroti soal Gibran yang bagi-bagi susu, Rocky Gerung juga menyoroti soal ketidakhadiran Gibran dalam acara debat yang diselenggarakan salah satu stasiun televisi.

Rocky mengatakan langkah Gibran tidak menghadiri forum debat dinilai sangat tepat. Bukan tanpa alasan, Rocky menilai yang hadir dalam debat hanya orang-orang yang memiliki gagasan, ide atau wacana. Dengan kata lain, jika Gibran tidak menghadiri debat dinilai tidak memiliki wacana, ide atau gagasan.

“Enggak perlu (hadiri debat) kan. Kan perdebatan itu hanya untuk orang yang punya ide, gagasan, pikiran, ya Gibran benar. Kalau mau masuk debat Anda bawa apa di situ, amplop? Jadi kalau Gibran tidak datang artinya?” kata Rocky.

Rocky memang belakangan ini terlihat lebih sering menyindir Gibran. Pada forum berbeda di Kota Mataram, Rocky tegas mengatakan berteman dengan semua Capres-Cawapres kecuali Gibran.

“Kenapa saya tidak berteman dengan Gibran. Apalagi saya tidak mau keracunan H2SO4 (senyawa kimia asam sulfat),” katanya.