KORANNTB.com – Debat perdana calon presiden (Capres) digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa, 12 Desember 2023. Debat menghadirkan Capres nomor 1 Anies Baswedan, Capres nomor 2 Prabowo Subianto dan Capres nomor 3 Ganjar Pranowo.

Debat perdana berlangsung cukup menegangkan dan panas. Ganjar melontarkan pernyataan ke Prabowo soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) baru-baru ini yang meloloskan Gibran menjadi Cawapres.

Pertanyaan Ganjar sempat diingatkan oleh pembawa acara, karena Ganjar melontarkan pertanyaan di segmen yang bukan merupakan tanya jawab. Segmen tersebut hanya merupakan tanggapan terhadap argumen Capres lainnya.

“Apa pendapat bapak terkait putusan MK,” kata Ganjar ke Prabowo.

Meskipun sempat diingatkan soal pertanyaan tersebut, Ganjar hendak merevisi pertanyaan namun tidak diizinkan oleh pembawa acara debat.

Prabowo kemudian menanggapi pertanyaan Ganjar. Dia balik mempertanyakan yang intervensi MK siapa? Prabowo menegaskan publik bukan anak kecil dan pandai melihat setiap peristiwa. Prabowo menegaskan tidak ada pihak yang mengintervensi MK seperti yang heboh di masyarakat saat ini.

“MK aturan sudah jelas, kita bukan anak kecil, rakyat kita pandai, rakyat kita liihat, rakyat kita tahu, yang intervensi siapa? Tapi intinya kita tegakan konstitusi dan UU kita patuh terhadap UU itu sendiri,” ujar Prabowo.