KORANNTB.com – Sebuah akun di media sosial menyebut Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo merupakan keturan Belanda penjajah Indonesia. Akun tersebut juga membandingkan antara Ganjar dan Anies Baswedan.

Anies Baswedan disebut keturunan Arab di mana sang kakek ikut berjuang bersama Bung Karno. Sementara Prabowo disebut keturunan China dan orang tuanya terlibat dalam pemberontakan PRRI – Permesta.

“EMANGNYA ADA CAPRES PRIBUMI… ANIES BASWEDAN ITU KETURUNAN ARAB , DIMANA KAKEKNYA IKUT BERJUANG BERSAMA BUNG KARNO MEMERDEKAKAN INDONESIA. GANJAR PRANOWO ITU KETURUNAN BELANDA PENJAJAH… PRABOWO ITU KETURUNAN CINA… ORANG TUANYA IKUT PEMBERONTAKAN PRRI PERMESTA,” tulis akun tersebut.

Penelusuran Fakta

Penelurusan fakta yang dilakukan koranntb, dari berbagai sumber ditemukan bahwa Ganjar Pranowo memiliki kakek buyut dari Desa Kroyo Kulon di Kecamatan Kemiri, Purworejo, Jawa Tengah bernama Danu Wiyono.

Sementara dilansir dari moots.suara.com, Mendiang kakek buyut Ganjar Pranowo sempat diisukan merupakan cucu dari Kanjeng Raden Tumenggung Mandoyo Nagoro, yang selanjutnya memiliki putera bernama Raden Mas Abdullah yang mana mereka memikili satu keturunan dengan Sunan Kalijaga.

“Meski demikian, isu tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya, namun bisa dipastikan bahwa kakek buyut dari Ganjar Pranowo memiliki anak (kakek Ganjar) yang bernama Mangku Wirono,” tulisnya.

Ganjar juga telah membantah klaim yang menyebut dia keturunan Belanda. Itu diungkapkan di Youtube milik Andy F. Noya.

“(Orangtua dari-red) Kutoarjo, enggak bule dong ya,” ujar Ganjar.

Sementara bagaimana dengan Anies Baswedan, benarkah keturunan pahlawan? Dari penelusuran media ini, merupakan cucu dari Abdurrahman Baswedan atau AR Baswedan, seorang pahlawan nasional.

AR Baswedan memiliki peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dia pernah menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Kemudian Prabowo Subianto disebut memiliki orang tua yang terlibat dalam pemberontakan PRRI Permesta. Dari penelusuran media ini, ayah Prabowo Subianto adalah Soemitro Djojohadikoesoemo. Dia merupakan mantan menteri yang pernah terlibat dalam Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) yang dideklarasikan pada 15 Februari 1958, tepat hari ini 61 tahun lalu.

Dilansir dari Tirto.id, Sumitro datang ke Sumatra pada 1958 dan bergabung dengan tokoh-tokoh penting PRRI. Saat itu Sumitro telah berseberangan dengan pemerintah pusat. Di PRRI Sumitro sempat menjadi Menteri Perhubungan.

Kesimpulan

Beberapa klaim tersebut memang terbukti benar. Namun  pada klaim yang menyebut Ganjar Pranowo keturunan penjajah Belanda sejauh ini belum ditemukan fakta yang mendukung klaim tersebut. Ganjar pun telah membantah asal usul keluarganya dari Belanda.

Sumber

https://moots.suara.com/read/2023/08/29/060500/benarkah-ganjar-pranowo-keturunan-belanda-anies-baswedan-keturunan-pahlawan-pilih-mana

https://nasional.tempo.co/read/1647103/profil-ar-baswedan-kakek-anies-baswedan-dan-misi-diplomatik-ke-mesir-pengakuan-kemerdekaan-indonesia

https://tirto.id/anak-anak-eks-prri-permesta-sejarah-sukses-keluarga-pemberontak-dg2T