KORANNTB.com – Lebaran menjadi hari kemenangan umat muslim di seluruh dunia setelah satu bulan melawan hawa nafsu dengan berpuasa. Meskipun tidak wajib, tradisi untuk membeli baju lebaran sudah melekat di masyarakat Indonesia.

Untuk Anda yang akan membeli baju lebaran, berikut tips membeli dan memilih baju lebaran:

1. Beli Lebih Dahulu

Sepekan menjelang lebaran, masyarakat berbondong-bondong menuju toko pakaian untuk membeli baju lebaran. Bahkan, banyak masyarakat membawa sanak keluarga.

Tips untuk anda sebaiknya membeli jauh hari sebelum H-7 lebaran. Itu agar anda tidak kehabisan baju yang bagus dan cocok untuk anda. Karena, membeli beberapa hari menjelang lebaran membuat banyak stok pakaian yang bagus sudah dibeli orang lain terlebih dahulu. Jadi anda lebih bebas memilih pakaian sesuai selera tanpa khawatir kehabisan stok.

2. Hindari Belanja Online Jelang Lebaran

Berkaitan dengan tips pertama, anda harus menghindari belanja online menjelang lebaran. Itu untuk mengantisipasi keterlambatan pengiriman akibat lonjakan permintaan barang. Jika barang yang anda pilih tidak sesuai dengan ukuran atau model, maka anda bisa menukar kembali secara online, dan tentunya waktu proses penukaran tidak terlambat.

3. Pilih Pakaian Tidak Banyak Dijual

Bagaimana rasanya jika saat lebaran, anda bertemu dengan orang yang pakaiannya mirip dengan anda? Tentu tidak enak dilihat. Untuk itu, jika anda menjumpai pakaian yang sama dengan jumlah yang banyak di toko, disarankan untuk memilih pakaian yang lain yang jumlahnya sedikit atau cuma satu.

4. Sesuaikan dengan Budget

Kebutuhan lebaran tidak hanya pakaian. Untuk itu, anda harus menyesuaikan pakaian dengan budget yang anda miliki. Sehingga, dana yang anda miliki dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

5. Sesuaikan Warna

Agar baju lebaran cocok di badan anda, sesuaikan dengan warna kulit anda. Jika warna kulit anda gelap, maka jangan membeli pakaian yang berwarna terluka terang. Itu sangat kontras dilihat. Dianjurkan memilih warna kalem dan serasi pada kulit anda.

Baca selanjutnya…