KORANNTB.com – Sidang Isbat akan diselenggarakan oleh Kemenag malam ini. Namun prediksi lebaran 2024 kemungkinan kuat jatuh pada 10 April besok.

Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki mengatakan posisi hilal saat ini berada di antara 4 derajat 52,7 hingga 7 derajat, 37,8 menit dan elongasi ini berkisar pada 8 derajat 23,68 menit sampai 10 derajat 12,94 menit.

Dikutip dari CNN Indonesia, dia menjelaskan kriteria Mabims, ini diprediksi ini telah memenuhi kriteria visibilitas hilal atau imkanu rukyat Yaitu tinggi hilal 3 derajat dan elongasi sebesar 6,4 derajat.

Seperti diketahui, Mabims adalah Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura yang menyepakati kategori ketinggian hilal.

Dijelaskan posisi itu sudah memenuhi visibilitas hilal atau imkanur rukyat dengan tinggi hilal 3 derajat dan elongasi sebesar 4 derajat.

“Jadi diprediksi kita akan menyelenggarakan salat Idul Fitri pada esok tangga 10 April 2024, bertepatan dengan 1 Syawal 1445 Hijriah,” kata Saiful di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Meski demikian informasi kepastian lebaran akan diumumkan malam nanti berdasarkan hasil sidang Isbat.