KORANNTB.com – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Suhaili FT menggelar deklarasi maju Pilgub NTB 2024 di Lombok Tengah, Sabtu, 8 Juni 2024.

Deklarasi digelar dengan dihadiri ribuan relawan dan sejumlah tokoh di NTB. Relawan hadir dari masing-masing kabupaten dan kota di NTB.

Zulkieflimansyah alias Bang Zul merupakan Gubernur NTB periode 2018-2023. Sementara pasangannya Suhaili alias Abah Uhel merupakan Bupati Lombok Tengah periode 2010-2018.

Zulkieflimansyah sebelumnya menjabat Gubernur NTB dengan didampingi Sitti Rohmi Djalillah kakak kandung TGB Zainul Majdi. Rohmi kini maju Pilgub NTB berpasangan dengan Musyafirin, Bupati Sumbawa Barat.

Zulkieflimansyah dalam orasi politiknya mengatakan survei Zul-Uhel nyaris sama dengan survei Zul-Rohmi, di mana posisi Zulkieflimansyah masih tertinggi.

“Walaupun survei dengan ibu Rohmi tinggi kami melakukan survei dengan Zul-Uhel. Ternyata nilainya hampir sama,” katanya.

Begitu juga dengan survei yang dilakukan LSI Denny JA yang baru-baru ini keluar, di mana Zulkieflimansyah di posisi pertama dan Suhaili di posisi kedua. Menyusul posisi ketiga Sitti Rohmi Djalillah.

Zulkieflimansyah juga mengingatkan agar pendukung dan relawannya agar menghadapi Pilkada dengan riang gembira tanpa menyerang calon lain.

“Ini NTB bukan Amerika. Demokrasi boleh hadir tapi kita tidak lantas menguliti siapa saja,” ujarnya.

Dia memuji semangat kepemimpinan Suhaili di Lombok.

“Abah Uhel tidak memaknai dirinya sebagai penguasa dan raja. Dia mengatakan saya ini pelayanan masyarakat Lombok. Pemimpin NTB ke depan,” ujar Zulkieflimansyah.

Sementara Suhaili mengatakan meminta izin kepada semua tokoh di NTB untuk ikut mendampingi Bang Zul maju dalam gelanggang politik.

“Saya mohon izin kepada tokoh masyarakat NTB untuk ikut ikhtiar mendampingi Bapak Zulkieflimansyah menjadi pelayan di bumi NTB,” katanya.

“Ini mungkin skenario Allah. Mudah-mudahan Allah berikan kesempatan. Ini jawaban bahwa Uhel akan ngiring (ikut) beliau (Zul) untuk ikut Pilkada,” kata Suhaili.