Kirim Opini dan Berita

Portal KORANNTB.com turut aktif mendukung jurnalisme warga (citizen journalism), sebagai ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan menyampaikan informasi dan berita. Masyarakat tidak hanya sebagai konsumen informasi, tetapi pada portal ini masyarakat menjadi bagian dari produsen informasi. Masyarakat tidak hanya menjadi pengguna media.

Kami membuka dua rubrik atau menu untuk menunjang jurnalisme warga. Dua rubrik tersebut adalah OPINI dan SURAT PEMBACA.

Opini berisi buah pikiran masyarakat atau penulis yang dituangkan dalam tulisan, yang menyoroti sebuah peristiwa atau hal-hal tertentu.

Sementara Surat Pembaca adalah artikel yang dituliskan masyarakat berisikan sebuah berita layaknya berita di surat kabar. Di mana artikel tersebut memuat apa yang terjadi di sekitar Anda. Misalnya, Anda melihat terjadi peristiwa kebakaran, maka Anda dapat mengambil gambar dan menulis beritanya pada kami.

Pada Surat Pembaca, Anda juga dapat menulis berita ringan seperti seputar pariwisata, kuliner, budaya dan tradisi masyarakat di sekitar Anda. Asal tidak bersifat mempromosikan sebuah produk.

Pada Surat Pembaca direkomendasikan untuk menyediakan foto peristiwa atau berita yang Anda tulis. Foto ini adalah milik Anda sendiri, atau milik orang namun tanpa hak cipta.

Pada Surat Pembaca, untuk berita yang membutuhkan verifikasi, maka direkomendasikan untuk mewawancarai narasumber. Namun untuk peristiwa yang terjadi mendadak seperti lakalantas, kebakaran, atau pariwisata, tidak wajib mewawancarai narasumber, namun tetap terjaga keakuratannya.

Syarat Menulis:

1. Hasil karya sendiri
2. Cantumkan nama dan profesi di artikel
3. Cantumkan foto penulis di opini
4. Cantumkan foto peristiwa di Surat Pembaca
5. Kirim foto dan naskah secara terpisah (jangan digabungkan dalam satu file Ms Word)

Kirim ke email: koranntbcom@gmail.com

Disclaimer: Opini dan Surat Pembaca menjadi tanggung jawab penulis.