Event Mekaki Marathon Tanpa Keterlibatan Kemenpar Disesalkan

Mataram – Event Blibli Mekaki Marathon 2018 berlangsung sukses. Ribuan peserta ambil bagian pada event sport tourism yang digelar oleh Kabupaten Lombok Barat dengan menggandeng e commerce Blibli.com sebagai sponsor utama kegiatan yang berlangsung di pantai Mekaki, Sekotong Kabupaten Lombok Barat, Minggu (2/10) tersebut.

Link Banner

 

Event yang mampu menghadirkan sejumlah artis nasional ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Gubernur NTB Zulkieflimansyah yang turut hadir pada start lomba lari marathon jarak 5 dan 10 kilo mendukung event sport tourisme ini, bahkan ia berharap event serupa bisa digelar di daerah lain di Bima atau Sumbawa.

 

Untuk mensukseskan event ini, Pemkab Lobar bekerja keras. Promosi secara masif sejak berbulan bulan pun dilakukan. Bahkan menggandeng sejumlah artis nasional untuk menarik minat peserta tidak ketinggalan dilakukan. Tercatat sedikitnya dua nama beken artis nasional yang turut menjadi peserta Mekaki Marathon yakni Wulan Guritno dan Ben Joshua.

 

Tentunya untuk bisa menggaungkan event bertaraf nasional bahkan internasional ini, Pemkab Lobar membutuhkan anggaran yang cukup besar. Anggota DPD RI dapil NTB, Baiq Diyah Ratu Ganefi menyayangkan minimnya kontribusi Kementerian Pariwisata terhadap event sport tourism tersebut. Menurut Baiq Diyah semestinya Kemenpar membantu Pemkab Lobar baik dari sisi promosi maupun anggaran.

 

Baiq Diyah mengingatkan even Mekaki Marathon bisa dijadikan media untuk mempromosikan kembali pariwisata Lombok pasca diguncang gempa 7,0 yang membuat pariwisata NTB menjadi lesu. Terlebih Kemenpar sambung Ketua Iwapi NTB ini memiliki anggaran 20 Milyar rupiah untuk rehabilitasi dan rekonstruksi pariwisata Lombok.

 

“Seharusnya event sebesar ini Kementerian Pariwisata mendukung sepenuhnya karena bagaimanapun juga pascagempa ini memang kalau dibiayai oleh daerah ataupun swasta gaungnya tidak akan terdengar ke mana-mana,” ujarnya.

 

“Kemenpar pasti mempunyai anggaran untuk promosi pariwisata sehingga saya harapkan kegiatan atau event yang berskala nasional dan internasional ini harusnya memang menjadi event tahunan yang sudah diagendakan oleh Pusat,” papar  senator kelahiran Puyung Lombok Tengah ini.

 

DPC Iwapi Lobar di bawah arahan Baiq Diyah turut memeriahkan Blibli Mekaki Marathon 2018. Selain sebagai peserta, Iwapi Lobar juga membuka stand kuliner dan souvenir khas Lombok yang dimanfaatkan untuk mempromosikan kerajinan khas Lombok.

 

Blibli Mekaki Marathon 2018 merupakan kerjasama Pemerintah Daerah Lombok Barat dengan ArchiSS sebagai Event Management dan DnD sebagai race management.

 

Sedikitnya 1.500 peserta yang ikut yang dibagi menjadi dua, yakni 1.000 peserta untuk katagori 5K, dan 500 peserta untuk 10K. Rute yang dilalui tidak mengalami perubahan dari tahun lalu, start dan finish di Pantai Mekaki, Sekotong, Lombok Barat. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *