KoranNTB.com – Debat Capres-Cawapres perdana digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis malam, 17 Januari 2019.

Tema debat perdana Pilpres 2019 malam ini adalah hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Joko Widodo dan Ma’ruf Amin adu gagasan dengan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Saat dimulai, mantan Gubernur NTB, Muhammad Zainul Majdi atau akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB), menyaksikan debat dari kubu Jokowi. TGB tertangkap kamera duduk di barisan pendukung petahana.

Kehadiran TGB di lokasi debat memang bukan hal yang baru, sebab TGB secara terang-terangan mendukung Jokowi pada Pilpres 2019 ini.

Ketertarikan TGB pada Jokowi karena merasa pemerintah Jokowi sangat memperhatikan rakyat. Jokowi beberapa kali mengunjungi NTB di masa kepemimpinan TGB, padahal saat Pilpres 2014 dulu, Jokowi kalah telak di NTB.

“Namun, seperti yang saya saksikan, beliau (Jokowi) tidak kurang-kurang untuk membangun NTB,” ujar TGB dalam keterangan tertulisnya pada Senin, 14 Januari 2019.

Dia mengaku mengetahui sendiri kapasitas kemusliman Jokowi, termasuk kalau diukur dari kefasihannya membaca Alquran. Jokowi, katanya, memang bukan muslim seperti santri yang menguasai khazanah keilmuan Islam, tetapi jelas muslim yang taat.

“Insya Allah beliau muslim yang baik. Bertahun-tahun dihina dianggap pura-pura, sampai akhirnya terjadi titik balik,” katanya.

Atas dasar itulah TGB juga tak meragukan kemampuan Jokowi memimpin Indonesia. Dia berpengalaman selama sepuluh tahun menjadi gubernur NTB dan tentu saja tidak mudah. Memimpin Indonesia, katanya, lebih tidak mudah lagi. (red)