KoranNTB.com – Spanduk bergambar Presiden Jokowi dipasang di sejumlah titik di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto tersebut merupakan kampanye lalulintas yang menggunakan foto Jokowi menggunakan helm sembari menaiki motor.

Beberapa persimpangan jalan di Kota Mataram terdapat spanduk keselamatan lalulintas. Pada spanduk juga bertuliskan kalimat “Stop pelanggaran. Stop kecelakaan. Keselamatan untuk kemanusiaan. Ir. H. Joko Widodo Presiden RI.”

Foto tersebut disponsori oleh Relawan Lalulintas Indonesia dan Perkumpulan Gerakan Kebangsaan, organisasi yang berafiliasi dengan kepolisian untuk mengkampanyekan keselamatan berlalulintas.

Foto tersebut kemudian viral di media sosial. Banyak warganet mengaitkan dengan Pemilu 2019 dan mempertanyakan netralitas polisi.

Direktur Lalulintas Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Amin Lintarso, membantah pemasangan spanduk itu berkaitan Pilpres. Dia mengatakan itu murni untuk kampanye lalulintas dan berkaitan dengan program acara Millennal Road Safety Festival yang diselenggarakan polisi.

“Namanya keselamatan siapa saja boleh mengkampanyekan, justru kita ini mencari aktivis-aktivis keselamatan lalulintas,” ujarnya melalui sambungan telepon, Senin, 18 Februari 2019.

Dia mengatakan spanduk tersebut akan diturunkan pada 3 Maret 2019 usai kegiatan Millennal Road Safety Festival.

Amin Lintarso menjelaskan pemasangan spanduk tersebut dipasang bukan hanya di NTB, tetapi di wilayah lain di Indonesia turut dipasang. “Karena angka kecelakaan lalulintas setiap tahun mendekati angka 30 ribu di Indonesia. Di NTB sendiri 500 lebih kasus kecelakaan didominasi kalangan milenial,” ungkapnya.

“Spanduk itu kita sadar untuk generasi milenial yang sering jadi korban kecelakaan,” sambungnya. (red)