KoranNTB.com – Guna meningkatkan pola hidup masyarakat NTB yang sehat dan segar, didirikan Dapur Sayur Vegan Resto. Restoran tersebut dibuat khusus menu aneka sayuran yang sehat bagi tubuh.

Owner Dapur Sayur Vegan Resto, Herryono Soegiarto mengungkapkan, berdirinya Dapur Sayur untuk mengajak masyarakat, menerapkan pola hidup sehat.

“Di Dapur Sehat Vegan Resto dijamin 100 persen menyajikan kuliner sehat nabati,” ujarnya saat launching Rumah Makan Dapur Sayur, Minggu, 5 Mei 2019.

Restoran yang beralamat di  Jl. Beaq Ganggas 1 FG Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram tersebut,  juga bertujuan untuk mendukung pariwisata NTB, di mana banyak di antara para wisatawan adalah kaum vegetarian.

“Pariwisata kita di NTB kan menjadi tujuan banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara setelah Bali. Di antara mereka juga banyak yang vegetarian, di sinilah mereka akan temukan kulinernya,” ucap Herryono yang juga Ketua Persatuan Umat Budha Indonesia (Permabudhi) itu.

Sementara Camat Cakranegara Erwan yang hadir dalam launching tersebut, mengapresiasi dibukanya Vegan Resto di wilayah yang dipimpinnya.

“Sebagai penguasa wilayah, saya sangat mendukung dan berterimakasih, saya bersyukur dengan keberadaan Dapur Sayur Vegan Resto di wilayah Cakranegara ini,” ungkapnya di sela mencicipi berbagai varian kuliner sehat nabati.

Menurutnya, keberadaan Dapur Sayur akan menambah khazanah kuliner di wilayah Cakranegara, yang merupakan pusat barang dan jasa di Kota Mataram dan NTB pada umumnya.

“Ini adalah restoran atau rumah makan vegetarian yang menyuguhkan kuliner nabati yang sangat bermanfaat bagi tuguh kita. Jadi, nantinya para wisatawan yang berkunjung ke NTB atau Lombok khususnya, sudah dapat menemukan tempat untuk yang suka kuliner non daging,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Hariadi, dalam sambutan singkatnya mengatakan bahwa pihaknya sangat terbantu, dengan dibukanya Vegan Resto itu.

“Artinya, dengan dibukanya Dapur Sayur Vegan Resto ini, akan mampu mengurangi jumlah pengangguran di Kota Mataram,” ungkapnya.

Menurut catatannya, pasca terjadinya gempa beruntun yang mengguncang Pulau Lombok beberapa waktu lalu, pengangguran di Kota Mataram berjumlah sekitar 9.750 orang.

“Karena gempa beruntun itu, banyak hotel dan perusahaan tumbang atau mati suri. Nah, dengan adanya Vegan Resto ini, dipastikan akan menyerap tenaga kerja,” terangnya, kemudian membuka secara resmi Dapur Sayur Vegan Resto.

Terkait dibukanya tempat kuliner nabati tersebut, Manager Dapur Sayur Vegan Resto Yadikin mengatakan, dengan dibukanya resto ini kita ingin mengajak masyarakat hidup sehat.

“Harapanya sih ke depanny,a cita-cita kita ingin mengajak masyarakat Lombok ini, supaya mengenal vegetarian dan berhidup sehat tanpa daging. Intinya kita ingin masyarakat Lombok khususnya dan NTB umumnya, mengenal dan menerapkan pola hidup dengan kuliner sehat nabati,” terangnya.

Menu yang kita suguhkan, beraneka ragam Kuliner sehat berasal dari Nabati, dengan bumbu rempah-rempah yang bermutu dan menyehatkan.

“Harapan kita, Restoran Dapur Sayur ini membawa manfaat bagi daerah dan juga masyarakat,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, juga turut diresmikan Sekretariat Permabudhi Provinsi NTB dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) Mataram.

Momentum peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Herryono Soegiarto selaku pemilik, bersama Bhante Pundarika Mahatheri, Pandita Hamid Citra Pannawirawan, Kepala Disnaker Kota Mataram Hariadi, Camat Cakranegara Erwan, dan Ketua PERCASI NTB Abdullah Djais.

Untuk diketahui,  kuliner yang tersaji di Dapur Sayur Vegan Resto, juga dapat dipesan secara online dengan menggunakan jasa GrabFood atau GO-Jek. (red)