KoranNTB.com – Presiden Joko Widodo belum memutuskan wilayah yang menjadi ibu kota baru Indonesia. Kalimantan digadang menjadi lokasi, namun masih membutuhkan kajian berbagai aspek lingkungan, infrastruktur dan lainnya.

Di sela mengunjungi pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jokowi menyinggung soal progres pemindahan ibu kota.

“Nanti segera diputuskan. Kalau kajian-kajian yang sudah saya sampaikan kemarin, mengenai kajian lingkungan, kajian mengenai infrastruktur, mengenai kegempaan, mengenai banjir, mengenai sumber air baku, paparkan ke saya baru saya putuskan, ya di sini,” ujar Jokowi, Jumat, 17 Mei 2019.

Saat ditanya mengapa Lombok tidak diusulkan menjadi ibu kota baru, Jokowi menjawab karena Lombok akan dibangun Mandalika, lokasi MotoGP 2021 sekaligus menjadi destinasi yang diharapkan menjadi Bali baru.

“Karena Lombok sudah ada Mandalika,” ucap Jokowi yang disambut tawa Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan pihak PT  Indonesia Tourism Development Coporation (ITDC).

Dengan pembangunan Mandalika dan infrastruktur menuju Mandalika, Jokowi berharap Lombok menjadi Bali baru khususnya pada destinasi wisata.

“Itu bukan hanya untuk MotoGP saja tapi sebagai akses masuk ke Mandalika, sehingga perkembangan Mandalika betul-betul kita harapkan segera bisa menjadi Bali baru,” ungkap Jokowi.

Jokowi berharap ITDC yang merupakan PT pengembangan pariwisata Indonesia mampu mempercepat pembangunan sirkuit dan fasilitas penunjang lainnya. (red)