KoranNTB.com – Libur lebaran tahun ini, masyarakat disibukkan dengan mengunjungi destinasi wisata. Pantai menjadi destinasi wisata favorit di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Namun, tidak hanya pantai, alternatif libur lebaran juga diisi masyarakat dengan mengunjungi taman wisata kebun jeruk Langgalawe.

Wisata kebun jeruk terletak di Desa Aik Bukak, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah. Lokasinya hanya berjarak 1 kilometer dari wisata kolam renang di Aik Bukak.

Pengelola taman, Gita, mengatakan wisata kebun jeruk berdiri pada 2018 lalu. Namun di tahun ini dikembangkan banyak spot foto untuk pengunjung, sehingga pengunjung akan betah lama di lokasi tersebut.

Tiket masuknya cuma Rp10 ribu. Masyarakat dapat memetik dan mengkonsumsi jeruk di taman sepuasnya, asal tidak boleh dibawa pulang.

Gita mengatakan, setiap hari sekitar 500 pengunjung datang ke taman tersebut. Sebagian besar didominasi pengunjung dari Lombok Timur dan Lombok Tengah.

“Pengunjung kurang lebih 500 setiap hari selama libur lebaran,” ujarnya, Jumat, 7 Juni 2019.

Di lokasi taman dilengkapi gazebo, kantin dan toilet, sehingga sangat nyaman bagi pengunjung. Ke depan akan dibangun kolam renang di lokasi. “Kita akan tambah kolam renang, kafe, selfi poin,” ucapnya.

Izon yang juga sebagai pengelola, mengatakan kebun jeruk tersebut dibuka dari ide ibunya yang ingin membuat kebun jeruk, namun tidak untuk dijual. Belakang ide tersebut berubah menjadi lokasi wisata.

Kebun jeruk tersebut kemudian dipromosikan melalui media sosial. Itu menjadi sejarah berkembangnya taman wisata kebun jeruk.

Niza Zulaina, pengunjung kebun jeruk, mengaku pertamakali mengetahui kebun tersebut dari media sosial. Dia kemudian tertarik untuk mengunjunginya.

“Tempatnya bagus, senang. Kita sampai di sini bahagia gitu. Kita bisa foto-foto view-nya bagus. Kelihatan buahnya,” ungkapnya. (red/5)