Sering Matikan Motor Matic dengan Standar, Waspada Dampaknya

KORANNTB.com – Banyak penggunaan motor matic telah terbiasa mematikan mesin motor menggunakan standar kanan. Padahal, mematikan mesin motor harus melalui kunci kontak.

Namun kebiasaan sulit dihindari bagi yang telah terbiasa mematikan mesin motor menggunakan standar kanan, bahkan itu terjadi dengan reflek.

Ketahui, mematikan motor menggunakan standar kanan sangat berisiko bagi aki motor Anda. Kebiasaan mematikan motor menggunakan standar justru membuat aki mudah drop dan rusak.

Memang, motor matic dilengkapi fasilitas keamanan di mana saat standar masih turun maka mesin motor tidak dapat dihidupkan. Namun bukan berarti standar kanan digunakan untuk mematikan mesin motor.

Saat mesin motor dimatikan menggunakan standar kanan, maka daya aki akan terkuras, namun pengisian terhenti karena mesin yang mati. Sementara di sisi lain lampu kepala dan lampu speedometer masih menyala, sehingga menguras daya aki saat aki tidak dalam pengisian akibat mesin motor dimatikan.

Mematikan mesin motor dengan kunci kontak pada posisi “off” menjadi solusi untuk merawat aki anda agar tidak cepat drop dan terkuras. (red)

Foto: Standar kanan motor matic. (Istimewa)