Gelombang Tinggi di Lembar, Truk Terguling dalam Kapal

KORANNTB.com – Cuaca buruk melanda sejumlah perairan di Nusa Tenggara Barat pada Sabtu, 4 Januari 2020 kemarin.

Cuaca buruk menyebabkan tingginya gelombang di perairan Lembar, Lombok Barat. Akibatnya sebuah truk terguling dalam Kapal KMP Citra Nusantara di Dermaga II Pelabuhan ASDP Lembar.

Truk bermuatan 11 ton air mineral kemasan tersebut terguling membuat dus air  mineral tumpah.

Link Banner

saat ombak cukup besar,” kata Kasat Polair Polres Lombok Barat, IPDA I Gusti Made Suarjaya, dalam keterangan tertulis mengatakan kapal milik PT Jembatan Nusantara itu sekitar pukul 15.50 Wita dalam perjalanan menuju Lembar. Di tengah perjalanan di perairan Lembar, gelombang tinggi menghantam lambung kapal.

“Posisi di lintang 05’35.500 dan bujur 115’51.600 terjadi gelombang dengan tinggi 2,5 sampai 3 meter, kecepatan angin 25 sampai 30 knot.
Sehingga mengakibatkan terbaliknya truk sedang yang dikemudikan oleh I Gede Jaya Budiarta,” katanya.

“Penyebab tergulingnya truk tersebut karena cuaca buruk. Tempat lasing yang diikat di besi kecil samping kendaraan terlepas saat cuaca buruk, karena tidak kuat menahan beban ahirnya truk terbalik,” ujarnya.

Atas peristiwa tersebut, Personel Sat Pol Airud Polres Lombok Barat bersama dengan anggota Polsek KP3 Pelabuhan Lembar berkoordinasi dengan pihak BPTD dan Jasa Raharja yang akan memproses ganti rugi kerusakan kendaran tersebut.

“Selanjutnya, petugas dari Polarud Polres Lombok Barat melakukan pengamanan saat evakuasi barang dan kendaraan, mendata identitas pengemudi dan kemdaraan, serta mengecek kerusakan kendaraan,” katanya. (red)

Link Banner
Link Banner