Siklon Tropis Blake, Waspada Gelombang Tinggi di NTB

Siklon Tropis Blake, Waspada Gelombang Tinggi di NTB

KORANNTB.com – Angin siklon tropis Blake di Nusa Tenggara Timur (NTT) berdampak pada tingginya gelombang di perairan selatan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kepala Pelaksana BPBD NTB Ahsanul Khalik, mengatakan munculnya siklon tropis tersebut berdampak pada cuaca di Indonesia, salah satunya NTB.

Link Banner

“Waspada fenomena terbentuk angin siklon di 1.120 kilometer sebelah barat daya Pulau Rote NTT, yang bergerak menjauhi wilayah Indonesia,” katanya dalam keterangan tertulis.

Fenomena tersebut mempengaruhi cuaca di NTB, yang berpotensi terjadinya hujan sedang hingga lebat, angin kencang (20 knot atau setara 40 kilometer per jam) dan gelombang tinggi.

“Potensi gelombang tinggi antara 2,5 meter hingga 4 meter di perairan selatan NTB,” ujarnya.

Selain di NTB, potensi hujan sedang hingga lebat akibat siklon juga ada di Bali dan NTT. Kondisi gelombang laut yang tinggi juga berpotensi terjadi di perairan selatan NTB, perairan selatan Jawa Tengah, Samudera Hindia selatan Pulau Jawa, perairan selatan Pulau Sumba, laut Sawu, Perairan Pulau Sabu dan Pulau Rote, perairan Utara NTT, laut Flores, perairan Kepulauan Kai – Aru.(red)

Ilustrasi badai (Pexels)

Link Banner
Link Banner