Lontar Rengganis, Bukti Luhurnya Budaya Sasak

KORANNTB.com – Ribuan naskah kuno di Lombok memberikan gambaran tentang adat istiadat, budaya para leluhur. Naskah-naskah tersebut menjadi jejak sejarah Lombok yang masih abadi hingga saat ini.

Salah satu naskah yang menarik adalah Lontar Rengganis. Itu berisi tentang budi pekerti masyarakat Sasak yang kental dengan kesopanan.

Budayawan Sasak, Lalu Putria, mengatakan Lontar Rengganis merupakan sebuah pesan leluhur terhadap generasi muda Lombok.

Link Banner

Pada lontar tersebut membahas adat istiadat cara berbicara, cara duduk hingga cara berpakaian yang semestinya.

“Ada ribuan lontar, di sini (Lombok) ditemukan ribuan. Ada Rengganis, Puspekarame, Labankare dan lainnya,” kata Lalu Putria, Senin, 10 Februari 2020 di Lombok Tengah.

Dia mengatakan, Lontar Rengganis memiliki pesan tentang tiga hal. Yaitu wirame atau cara bicara, wiraga atau performa mulai dari cara duduk, jalan, makan dan lainnya dan wirase atau cinta kasih.

Foto: Lalu Putria membacakan pesan moral di Lontar Rengganis/koranntbcom

“Milenial mungkin tidak pernah belajar tentang budaya,” katanya.

Pesan moral pada Lontar Rengganis sudah saatnya diimplementasikan di kehidupan saat ini, di mana terjadi pergeseran budaya luhur ketimuran akibat arus globalisasi yang membawa pengaruh budaya barat yang kuat.

Era globalisasi memang tidak bisa dipungkiri pengaruh luar yang masuk ke Lombok. Namun, setidaknya pesan-pesan dalam naskah tersebut menjadi perisai bagi masyarakat khususnya milenial untuk mengingat kembali budaya asli Sasak yang penuh dengan keluhuran. (red)

Link Banner
Link Banner