Polda NTB Sudah Amankan Lima Pelaku Hoax Corona

KORANNTB.com – Pasca terkonfirmasi pasien asal NTB positif Coronavirus COVID-19, “tsunami” informasi terjadi di tengah masyarakat. Banyak yang justru berisi hoax.

Dalam waktu singkat tersebut, Polda NTB sudah berhasil meringkus lima pelaku dari sembilan yang menjadi target penyebaran hoax soal Corona.

“Lima kasus yang kita amankan. Ada yang di Sumbawa dan ada yang di Lombok,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto, di Mapolda NTB, Kamis sore, 26 Maret 2020.

Para pelaku dijemput dari kediaman mereka dan dibawa di Polda NTB. Mereka diintrogasi soal motif menyebar hoax.

Namun, para pelaku menjalani wajib lapor sebagai bentuk efek jera dari perbuatan mereka.

Dikatakan, penyebaran hoax masif dilakukan karena pelaku menerima informasi hoax dan justru meneruskan pada media sosial mereka.

Sementara, kasus hoax yang melibatkan oknum wartawan di Lombok Timur, polisi hingga saat ini masih berkoordinasi dengan Bupati setempat.

“Wartawan yang bersangkutan sudah minta maaf dan akan kita koordinasikan dengan Bupati karena yang bersangkutan punya atasan,” ujarnya.

Sebelumnya, seorang oknum wartawan menyebut dua pasien di Lombok Timur terkonfirmasi hoax. Padahal belum ada pengumuman resmi dari pemerintah. Namun, sehari setelahnya Pemerintah Provinsi NTB mengumumkan satu pasien positif Corona dan ditambah satu lagi yang positif diumumkan di hari berikutnya. (red)