BMKG Keluarkan Peringatan Dini 3 Hari untuk NTB, Simak Baik-baik

KORANNTB.com – Cuaca di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih didominasi dengan hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang mengguyur wilayah di NTB.

BMKG Stasiun Meteorologi ZAM, merilis peringatan dini untuk NTB mulai tanggal 13 Februari hingga 15 Februari 2021.

Dalam rilis yang disampaikan, NTB berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang.

Pada 13 Februari, potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang terjadi di Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, Dompu dan Kabupaten Bima.

Kemudian pada 14 Februari, berpotensi terjadi di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Kabupaten Bima.

Untuk tanggal 15 Februari, cuaca buruk juga berpotensi terjadi di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Dengan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir/kilat dan angin kencang, masyarakat diimbau untuk selalu tetap waspada dan berhati-hati,” dikutip dari rilis BMKG ZAM.

Masyarakat diminta berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan, seperti banjir, tanah longsor, genangan air, angin kencang, kilat/petir dan pohon tumbang.

Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar pesisir, diminta waspada terhadap gelombang tinggi yang mencapai lebih dari 2 meter.

Gelombang tinggi berpotensi terjadi di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia Selatan NTB dan Selat Sape bagian Selatan. (red)

Ilustrasi badai (Pexels)

BACA:  Cuaca Ekstrem, Sejumlah Wilayah di Lombok Diterjang Puting Beliung