Link Banner

Ratusan Pelaku Wisata di Lombok Divaksin

KORANNTB.com – Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat bersama Dinas Kesehatan menggelar vaksinasi COVID-19 untuk pelaku wisata di Kantor Dinas Pariwisata NTB, Mataram, Selasa, 16 Maret 2021.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal mengatakan, program vaksinasi tahap pertama ini diberikan kepada 240 orang pelaku wisata di Lombok, meliputi lima area antara lain Kota Mataram, Mandalika, Sekotong, Senggigi, dan area tiga Gili.

“Untuk tahap pertama ini ada 240 vaksin untuk pelaku wisata  5 area di Lombok. Vaksinasi dilakukan dua hari, hari ini 100 orang dan besok 140 orang,” kata Faozal.

Ia menjelaskan, prioritas vaksinasi pelaku wisata ini adalah para karyawan hotel, restoran dan jasa wisata yang tempat kerjanya sudah bersertifikat CHSE. Diutamakan juga adalah karyawan yang langsung berhubungan dengan layanan.

“Jadi tempat kerja CHSE dan yang prioritas yang berhubungan dengan layanan. Misalnya di hotel ya bagian front office karena langsung berhubungan dengan kostumer,” katanya.

Faozal menjelaskan, program vaksinasi untuk pelaku wisata ini dilakukan untuk memastikan bahwa Lombok terus bersiap untuk menyambut wisatawan.

“Saat ini sudah ada 160 industri pariwisata kita yang bersertifikat CHSE, dan akan bertambah jadi 220 sedang kita usulkan. Kemudian vaksinasi pelaku wisata ini semakin meyakinkan calon wisatawan bahwa Lombok sudah berangsur membaik dan sudah siap menerima kunjungan,” katanya.

Karyawan Lombok Garden Hotel, Ayu Purnama Ningsih mengaku senang bisa ikut vaksinasi ini.

“Ya awalnya ragu, tapi demi kebaikan semua lah, dan supaya sektor pariwisata kita bisa hidup kembali,” ujarnya.

Wanita yang akrab disapa Naning ini berharap pariwisata kembali bergeliat setelah program vaksinasi dari pemerintah berjalan dengan baik.

“Sangat berharap semua bisa kembali normal seperti dulu. Sebab sejak pendemi ini hotel benar-benar sepi,” ujarnya.

BACA:  Sinergi TNI-Polri di NTB Gelar Vaksinasi COVID-19

Sementara itu, anggota BPPD NTB, Leja Kodi mengapresiasi Dinas Pariwisata yang sudah memfasilitasi vaksinasi pelaku wisata.

“Ya tentu program vaksinasi ini akan semakin menumbuhkan kepercayaan calon wisatawan sehingga mereka bisa merasa aman dan nyaman berlibur di Lombok,” kata Ingoe, sapaan akrabnya. (red)

Link Banner
Link Banner
Link Banner