Kartu Prakerja Gelombang 18 Segera Dibuka

KORANNTB.com – Tingginya amino masyarakat yang mendaftar kartu prakerja, membuat pemerintah kembali membuka kartu prakerja gelombang 18.

Kartu prakerja gelombang 18 akan segera dibuka kembali untuk masyarakat. Bahkan, masyarakat yang telah mendaftar sebelumnya telah mendapatkan email.

Masyarakat hanya akan menanti pengumuman pembukaan prakerja gelombang 18 dalam waktu dekat.

Berikut syarat mendaftar kartu prakerja gelombang 18:

1. WNI, minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal;

2. Pencari kerja, korban PHK atau wirausaha;

3. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD;

4. Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain;

5. Selain itu, dalam 1 kartu keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) NIK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Masyarakat dapat mendaftar melalui situs www.prakerja.go.id. Terlebih dahulu siapkan syarat-syarat identitas diri seperti KK dan NIK.

Masyarakat tinggal mengikuti setiap proses pendaftaran melalui situs tersebut.

Usai mendaftar, dilakukan test motivasi dan kemampuan dasar secara online. Kemudian setelah test, klik “gabung” pada gelombang yang telah dibuka. Pengumuman lolos seleksi akan dikabarkan melalui SMS.

Kartu prakerja gelombang 18 ini akan memberikan bantuan dana kepada masyarakat dengan nilai Rp3,55 juta. Dana tersebut terdiri atas insentif pelatihan senilai Rp1 juta, uang tunai sebesar Rp2,4 juta yang diberikan sebesar Rp 600.000 dalam empat bulan sebagai insentif pasca pelatihan, serta insentif survei Rp150.000 untuk tiga kali survei. (red)