KORANNTB.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan, memastikan bahwa Sirkuit Mandalika di Lombok telah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan Formula 1.

“Mengenai Formula 1 tadi saya sudah tanyakan. Kualitas aspal (Sirkuit Mandalika) ini sudah melebihi Formula 1,” kata Luhut di Sirkuit Mandalika, Minggu, 21 November 2021.

Luhut hadir bersama Aburizal Bakrie, Menteri Perhubungan Budi Karya dan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki. Mereka menyaksikan WorldSBK.

Dia mengatakan, hanya beberapa bagian sirkuit yang butuh perbaikan. Sementara lintasan sudah memenuhi syarat.

“Ini sebenarnya tinggal kita perbaiki sana sini itu sudah qualified (memenuhi syarat) untuk Formula 1,” ujarnya.

Sebelumnya, Raja Salman menawarkan Sirkuit Mandalika untuk menggelar Formula 1. Dia tertarik dengan kecantikan Sirkuit Mandalika.

Luhut mengatakan, jika Formula 1 dapat digelar di Sirkuit Mandalika, maka NTB akan tambah maju.

“Jadi tinggal kita nanti melihat saja peluangnya. Untuk Formula 1 bagaimana, jadi tempatnya Pak Gubernur tambah hebat,” katanya.

Pergelaran WSBK 2021 dan MotoGP 2022 kata Luhut, merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, khususnya di Lombok.

“Jadi kita akan mulai dari yang paling atas sampai ke rakyat jelata bisa terlibat. Jadi jangan bilang pemerintah tidak perhatikan. Pemerintah perhatikan dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas,” ujarnya. (red)