KORANNTB.com – Pada 24-26 Juni 2022 ajang balapan motocross dunia atau Motocross Grand Prix (MXGP) digelar di Samota, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany mengatakan saat ini Pemda telah menggenjot segala persiapan dan infrastruktur untuk MXGP.

Dia mengaku optimis MXGP akan sukses digelar di Sumbawa, sekaligus untuk mempromosikan Sumbawa di dunia.

Samota menjadi pilihan karena destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Apalagi di sekitar Samota terdapat banyak destinasi cantik lainnya.

“Samota dipilih karena menyimpan panorama yang indah. Di sana dapat menyaksikan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis, 31 Maret 2022.

Lokasi lahan untuk MXGP juga disebut telah tuntas, sehingga tidak ada potensi masalah yang muncul di kemudian hari.

“Kami sudah duduk dengan DPRD Kabupaten Sumbawa memastikan lokasi itu aman untuk kegiatan tersebut (MXGP),” katanya.

MXGP tidak semata sebagai ajang promosi wisata Sumbawa, tapi juga untuk menciptakan atau menggenjot perkembangan UMKM dan industri pariwisata Sumbawa.

“Kita terus melakukan sosialisasi kepada UMKM, akomodasi, restoran, penginapan seperti hotel dan homestay,” ujarnya.

Akses seperti pelabuhan dan bandara juga terus dibenahi hingga kini. Runway dan lintasan pacu bandara terus diperlebar dengan aspal yang lebih tebal lagi. Transportasi laut pun demikian, seperti pelabuhan yang terus dibenahi.

Fasilitas lainnya seperti listrik, air hingga jaringan internet juga terus dilakukan pembenahan untuk sukseskan MXGP. Bahkan bendera-bendera negara peserta MXGP sudah berkibar di Samota. (red)