KORANNTB.com – Jika Anda memiliki mobil jangan hanya menaikinya saja, akan tetapi memperhatikan perawatan yang seharusnya dilakukan. Mobil yang sering digunakan memerlukan perawatan yang ekstra, baik mesin maupun perawatan body mobil.

Jangan sampai ketika digunakan mobil tersebut mogok di tengah jalan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui tips merawat kendaraan agar awet dan nyaman saat digunakan.

Apapun jenis mobil yang Anda miliki, baik matic maupun manual tentunya diperlukan perawatan yang memadai. Kendaraan yang rutin di service akan membuatnya awet dan tidak mudah ngadat.

Biar Awet, Ini 6 Tips Merawat Mobil yang Baik dan Benar

Kenyamanan saat berkendara merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Terlebih jika Anda melakukan perjalanan yang jauh. Kenyamanan berkendara salah satunya juga ditentukan oleh kendaraan yang berfungsi dengan baik, seperti tidak mudah ngadat.
Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara merawat mobil matic maupun manual yang baik dan benar.

1. Memilih Bahan Bakar yang Tepat

Bahan bakar sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil. Oleh karena itu, Anda perlu memilih bahan bakar yang tepat agar mesin mobil lebih awet. Pemilihan bahan bakar dapat dilihat dari nilai oktannya. Semakin tinggi nilai oktan suatu bahan bakar, maka semakin baik bahan bakar tersebut.
Ketika nilai oktan semakin tinggi, maka proses pembakaran di dalam mesin akan cenderung lebih lama. Hal ini membuat tidak ada sisa pembakaran di dalam mesin yang dapat mengakibatkan kendaraan ngadat. Sehingga, akan lebih baik memilih bahan bakar dengan oktan tinggi meskipun harganya relatif mahal.

2. Cek Oli Secara Rutin

Mengecek oli secara rutin juga menjadi bagian dari tips merawat kendaraan agar awet dan nyaman digunakan. Anda dapat mengganti oli secara rutin setiap jarak tempuh sudah 5.000 km. Atau dapat melihat nota dari bengkel tempat mengganti oli, karena biasanya sudah ada jadwal berikutnya untuk ganti oli.

Anda juga bisa melihat tanda-tanda oli sudah mulai habis dengan merasakan apakah mesin mobil terasa kasar atau oli sudah encer dan hitam. Ketika Anda merasakan kejanggalan tersebut maka sudah saat untuk mengganti oli.

3. Mengganti Minyak Rem
Tidak berbeda jauh dengan mengecek kondisi oli, terkadang mengganti minyak rem juga seringkali diabaikan. Padahal mengganti minyak rem perlu dilakukan secara rutin agar tidak merusak mesin mobil. Pasalnya, minyak rem memiliki sifat menyerap kelembaban sehingga mudah terjadi karat di area mesin.

Penggantian minyak rem dilakukan setiap jarak tempuh 60.000 km/jam. Penggantian minyak rem secara rutin dapat meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Penggantian minyak rem juga sangat berhubungan dengan keselamatan. Rem yang berfungsi dengan baik tentunya membuat berkendara lebih aman.

4. Melakukan Pengecekan Aki
Melakukan pengecekan aki secara rutin juga dapat mempengaruhi performa kendaraan Anda. Jika menggunakan jenis aki basah, Anda dapat mengeceknya dua minggu sekali. Pastikan air aki selalu dalam level yang dianjurkan, jangan sampai kekurangan bahkan kehabisan air aki.

Usahakan juga untuk selalu mengecek tegangan aki dengan menggunakan voltmeter. Dengan merawat mesin mobil secara berkala, Anda akan merasakan kenyamanan dan keamanan berkendara. Perjalanan menjadi lebih menyenangkan ketika mobil tidak ngadat di tengah jalan.

5. Mengecek Ban dan Tekanan
Meskipun terlihat sepele, jangan sampai mengabaikan kondisi ban mobil Anda. Mengecek tekanan ban sangat penting sekali terutama ketika Anda sedang bepergian jauh. Kalaupun tidak sedang bepergian, Anda dapat menjadwalkan mengecek kondisi ban sebulan sekali.

Kondisi ban yang sudah tidak memungkinkan alangkah baiknya segera diganti. Karena ban yang licin atau sudah tipis mudah untuk bocor, sehingga dapat mengancam keselamatan Anda. Oleh karenanya, jangan sampai mengabaikan perawatan kendaraan.

6. Mengecek Lampu dan Kabel
Melakukan pengecekan lampu dan kabel merupakan hal yang tidak kalah penting. Anda perlu melihat dari berbagai sisi mobil apakah ada kabel yang terputus atau yang perlu diganti secepatnya. Jangan sampai Anda mengabaikan hal-hal kecil yang dapat mengganggu keamanan berkendara.

Tidak kalah penting juga untuk melakukan pengecekan terhadap lampu yang ada. Lampu yang sudah redup sebaiknya segera diservis, jika tidak bisa saja mati kapan saja. Padahal lampu sangat berperan untuk menunjukkan jalan ataupun memberikan tanda peringatan terhadap kendaraan lain.

Anda dapat menerapkan berbagai tips di atas agar berkendara lebih aman dan nyaman. Kenyamanan dalam berkendara juga dapat diperoleh dari taat membayar pajak kendaraan. Dengan taat membayar pajak Anda tidak akan merasa was-was di jalan.

Sekarang ini pembayaran pajak kendaraan juga semakin dipermudah dengan adanya sistem online. Salah satunya dapat dibayarkan melalui samsat digital nasional yang ada di marketplace, Blibli.com. Blibli tidak hanya menyediakan berbagai kebutuhan hidup namun juga mempermudah Anda menerapkan tips merawat kendaraan. (red)