KORANNTB.com – Beberapa bulan lalu, Hyundai telah meluncurkan mobil baru di Indonesia dengan nama Hyundai Ioniq 5. Menariknya, Hyundai juga meluncurkan mobil lainnya secara bersamaan, yakni Kona Electric. Tak pelak, kedua mobil tersebut  merupakan jenis mobil full listrik buatan Korea Selatan yang masuk ke Indonesia.

Sebelum diluncurkan, nama Hyundai Ioniq 5 memang sudah menarik sejak diluncurkannya teaser. Untuk kamu yang penasaran apa keunggulan dari mobil listrik satu ini, simak ulasannya di bawah ini.

1. Desain campuran Futuristik dan Retro

Hal pertama yang paling mencolok dari Hyundai Ioniq 5 ini adalah desainnya. Hal itu dikarenakan mobil ini menggabungkan dua model sekaligus, yakni futuristik dan juga retro. Untuk aura retro dibuat sengaja karena mobil ini memang mengambil inspirasi dari mobil lawas. Lebih tepatnya, kendaraan pertama merk H miring era 1970-an bernama Hyundai Pony.

Selain itu, kesan retro juga bisa terlihat dari sudut-sudut bodinya yang terlihat tegas dan juga mengotak. Bagian desain lampu depan dan belakang juga terlihat mengotak dibandingkan membulat. Walaupun terlihat retro, namun Hyundai Ioniq 5 ini mempunyai tampilan yang tidak ketinggalan zaman.

2. Memiliki Interior yang Lega dan Nyaman

Dengan menggunakan sumbu roda besar, hal tersebut menjadikan kabin mobil terasa sangat lega. Efeknya adalah pengemudi dengan badan tinggi akan terasa nyaman di dalam. Ditambah lagi, pengemudi bisa mengatur posisi duduknya sesuai dengan keinginan secara elektrik. Kamu hanya perlu tekan atau geser tombol saja dan jok akan bergerak.
Untuk bagian penumpang juga dibuat senyaman mungkin. Contohnya posisi jok penumpang baris pertama bisa sangat nyaman untuk tidur. Ditambah lagi, ada sandaran betis yang semakin meningkatkan rasa rileks.

3. Memiliki Smart Cruise Control

Beralih ke sisi teknologi, Hyundai Ioniq 5 mempunyai fitur bernama Smart Cruise Control. Bisa dikatakan, ini adalah fitur pertama yang ada di mobil Hyundai Indonesia. Fungsinya adalah membuat mobil dapat melaju dan mengerem secara otomatis mengikuti kecepatan kendaraan di depan.
Selain itu, ada juga beberapa fitur lainnya seperti layar besar warna-warni berukuran 12,3 inci yang sangat informatif, mode berkendara dari eco, normal, dan sport, paddle shift, hingga wireless charger. Bahkan, di dalam Hyundai Ioniq 5 ini mempunyai 8 speaker BOSE yang dapat memanjakan telinga ketika mendengarkan musik.

4. Mempunyai Jarak Tempuh Paling Jauh

Pada dasarnya, mobil listrik memiliki jarak tempuh yang tidak terlalu jauh. Akan tetapi pada Hyundai Ioniq 5 ini cukup istimewa. Sebab, mobil ini justru mempunyai jarak tempuh paling jauh dibandingkan dengan produk elektrifikasi Hyundai lainnya.
Untuk kapasitas baterainya juga ada dua opsi. Pertama untuk 58 kW atau dalam bahasa Hyundai disebut standard range, bisa untuk berkendara sejauh 384 Km. Lalu kedua untuk kecepatan 72,6 kW atau disebut dengan varin Long Range. Pada opsi kedua membuat mobil bisa melaju hingga 481 Km.

5. Memiliki Fitur Vehicle to Load atau Power Bank Berjalan

Terakhir adalah Hyundai Ioniq 5 mempunyai fitur Vehicle to Load atau V2L. Hal tersebut memungkinkan mobil menjadi power bank berjalan. Total dayanya bisa mencapai 3,6 kW sehingga bisa dipakai untuk memberi tenaga berbagai perangkat elektronik. Contohnya seperti kulkas hingga coffee maker.

Ada dua colokan pada mobil ini. Pertama di bawah jok bangku baris kedua yang bisa kamu manfaatkan ketika mobil sedang berjalan. Contohnya seperti mengaktifkan laptop atau smartphone. sedangkan colokan kedua ada di luar mobil, tepatnya di sisi kanan belakang. Colokan ini hanya bisa diaktifkan ketika mobil berhenti.

Demikian berbagai kelebihan Hyundai Ioniq 5 yang sangat menarik. Semoga informasi ini bermanfaat. (red)