KORANNTB.com – Dua nelayan asal Kolrae, Kecamatan Saburae, Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT) ditemukan terdampar di perairan Lombok Tengah.

Kedua nelayan tersebut bernama Lucas Lucigadi (27 tahun) dan Leonard Dagetuka (17). Mereka sebelumnya pergi menangkap ikan di perairan Flores pada 3 Juli 2022. Namun mesin perahu mereka rusak.

Perahu mereka pun tenggelam akibat gelombang. Beruntung mereka memiliki busa yang dijadikan pelampung sehingga hanya mengapung di lautan dan terbawa arus selama sembilan hari.

Dua nelayan tersebut hanya pasrah dibawa ombak berhari-hari tanpa bekal. Beruntung pada 9 Juli, nelayan di Awang Lombok Tengah menemukan mereka dan menyelamatkan mereka dalam kondisi begitu lemas.

“Mereka melihat kapal mencari ikan. Mereka langsung melambaikan tangan  minta diselamatkan,” kata Kapolsek Kawasan Mandalika, AKP I Made Dimas Widyantara, Selasa, 19 Juli 2022.

Kedua nelayan itu dilarikan ke puskemas untuk perawatan. Kini kedua korban telah membaik. Polsek Kawasan Mandalika pada Senin, 11 Juli tengah berkoordinasi dengan Pos TNI Angkatan Laut untuk proses pemulangan kedua korban kembali ke kampung halaman.

“Sudah berkoordinasi dengan TNI AL dan Dinas Sosial untuk proses pemulangan mereka,” katanya. (red)