KORANNTB.com – Gempa bumi bermagnitudo 4,9 mengguncang Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, pukul 21.04 WITA, Selasa, 9 Agustus 2022.

Gempa berlokasi di 15 kilometer timur laut Pernang, NTB pada kedalaman 10 kilometer, dengan koordinat 8,37 derajat lintang selatan dan 117,14 derajat bujur timur.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, mengatakan gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Naik Busur Belakang Flores (Flores Back Arc Thrust).

“Hasil analisis mekanisme sumber gempa bumi ini diakibatkan oleh sesar naik dengan kombinasi mendatar (oblique thrust fault),” katanya.

Dijelaskan, gempa dirasakan di Sumbawa dan Sumbawa Barat pada skalanya III MMI atau terasa saat di dalam rumah. Sementara di Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat, dirasakan dengan skala II MMI atau dirasakan dengan adanya benda ringan yang bergoyang.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya. (red)