KORANNTB.com – Mantan Walikota Mataram, TGH Ahyar Abduh diisukan meninggal dunia. Informasi tersebut dikirim seseorang melalui aplikasi pesan instan WhatsApp dengan akun bernama Sahril pada WhatsApp Group di NTB.

“INALILLAHI WA INNA ILAHI ROJIUN SEMOGA BELIAU KEMBALI DALAM KEADAAN HUSNUL KHOTIMAH DAN KELUARGA YANG DITINGGALKAN BERSABAR MENERMA UJIAN INI,” tulis narasi tersebut disertai foto Ahyar Abduh yang terbaring di ruang perawatan, Selasa, 28 Maret 2023.

Narasi tersebut dibantah banyak pihak yang mengatakan Ahyar Abduh masih hidup dan dalam perawatan di rumah sakit.

Anak Ahyar Abduh, Badruttaman Ahda membantah kabar hoax tersebut. Dia mengatakan ayahnya masih dirawat secara intens.

Waalaikumsalam terkait isu yang beredar dengan keadaan ayahanda TGH Ahyar Abduh tidak benar adanya. Saat ini beliau masih dirawat intens. Doakan semoga Allah memberikan kesembuhan seperti sedia kala, amiinn,” katanya.

Memang saat ini Ahyar Abduh dirawat di rumah sakit karena kondisi kesehatan. Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menyempatkan diri untuk menjenguknya.

“Malam ini membesuk Pak TGH Ahyar Abduh Mantan Walikota Mataram di RSUP. Alhamdulillah keadaan beliau membaik dan berangsur-angsur pulih. Kita doakan beliau segera sembuh dan kembali aktif seperti sedia kala,” tulis Zulkieflimansyah di akun Facebook.

Kesimpulan:

Berdasarkan narasi yang berkembang dan menurut penelusuran Tim Cek Fakta KORANNTB.com, maka konten tersebut adalah hoax dengan jenis False Connection (koneksi yang salah). Hoax jenis ini identik dengan judul konten, gambar dan isi konten tidak berhubungan sama sekali. (red)