KORANNTB.com – Musim liburan telah tiba. NTB menjadi salah satu daerah pariwisata yang mendapat tempat di hati wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Selain memiliki bentang pariwisata yang luas di Pulau Lombok, pariwisata di Pulau Sumbawa tidak kalah menarik.

Berikut ini adalah lima destinasi wisata di Sumbawa yang cocok buat liburan, seperti yang direkomendasikan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB.

 

1. Pulau Panjang Sumbawa Barat

Pulau ini terkenal dengan pariwisata yang eksostik. Disebut pulau panjang karena pulau tersebut membentang panjang dari timur ke barat dan memiliki banyak lokasi yang cocok buat liburan.

Ingin melihat jernihnya iar yang dibawa ombak dan semilir angin laut dengan pasir putihnya, bisa ke Gili Pasir yang berada di Pulau Panjang.

Banyak mangrove ditemui di sana. Di sana juga menjadi habitan burung hidup, sehingga kicauan burung menemani liburan.

2. Mata Jitu, Sumbawa

Air Terjun Mata Jitu patut dianggap surga yang tersembunyi di hutan Pulau Moyo. Keindahan di sana sudah terkenal sejak lama. Bahkan mendiang Putri Diana dari Kerajaan Inggris pernah berkunjung ke sana.

Perpaduan air terjun yang dikelilingi bebatuan dan pepohonan membuat Mata Jitu menjadi harta yang berharga milik Indonesia.

Suasana di Mata Jitu sangat tenang, sehingga cocok buat wisata healing untuk melepas segala beban dipikiran.

3. Kota Tepian Air, Kota Bima

Ingin melihat pemandangan indah Kota Bima, bisa mengunjungi Kota Tepian Air. Kota tersebut sangat cocok bagi yang menggemari wisata budaya. Di sana terdapat Museum Asi Mbojo, bekas Istana Kesultanan Bima. Banyak benda pusaka peninggalan Kesultanan Bima yang memiliki khazanah yang besar.

Presiden Soekarno pernah berkunjung dan menginap di sana. Kini terdapat banyak rumah adat yang senantiasi menyambut tamu dengan tarian tradisional setempat Tarian Wura Bongi Monca.

4. Diwa Wau Maria, Bima

Jika di Lombok untuk melihat bentang keindahan kebun dan sawah ada di Sembalun Lombok Timur, di Bima juga memiliki pesona serupa bernama Diwa Wau Maria.

Gugusan persawahan terasering dipadu dengan pohon-pohon kelapa yang menjulang tinggi, membuat tubuh dan pikiran terasa lebih segar. Kenikmatan meminum buah kelapa segar sembari melihat pemandangan yang indah tentu menambah kesan yang luar biasa saat liburan.

5. Pantai Lakey, Dompu

Dari namanya sudah tidak asing lagi di mancanegara. Pantai Lakey menjadi incaran wisatawan yang ingin berselancar. Pantai tersebut dikenal sebagai pantai dengan “ombak kidal” karena arah sapuan ombak ke kiri bukan ke kanan. Ini menjadi lokasi menarik untuk surfing.

Uniknya, pantai ini memiliki spot melihat sunset sekaligus sunrise. Jika ingin melihat sunset di sebelah kiri pantai, maka untuk menikmati sunrise di kanan pantai.

Itu lima lokasi wisata yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi di Pulau Sumbawa. Namun wisata di sana tidak hanya itu, masih banyak sekali destinasi menarik lainnya di Pulau Sumbawa yang dapat dikunjungi kapan pun. (red)