KORANNTB.com – Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, menyaksikan langsung ajang Grass Track 2023 di Sirkuit Samota Sumbawa, Minggu, 7 Mei 2023.

Selain dalam menyambut perhelatan internasional MXGP pada bulan Juni dan Juli mendatang, Grass Track 2023 ini juga merupakan ajang seleksi pembalap NTB menuju PON mendatang.

Gubernur NTB berbaur bersama masyarakat menyaksikan keseruan pembalap yang beraksi menjajal salah satu sirkuit motocross terindah di dunia tersebut. Tampak begitu banyak talenta muda dan berbakat dari seluruh Kabupaten dan Kota se-NTB.

Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini juga turut meninjau paddock untuk memastikan keadaan para pembalap yang ikut berlaga  dalam gelaran Grass Track tersebut. Ia memberikan dukungan agar para pebalap terus semangat dalam mengharumkan nama NTB, khususnya pada cabang olahraga motocross.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi NTB, Jamaluddin Malady mengatakan sejumlah event akan digelar untuk menyambut MXGP 2023. Event-event tersebut di antaranya side event road to MXGP Samota, trabas motor trail Dompu, pacuan kuda di Sumbawa, dan motocross lainnya.

Jamaluddin juga mengatakan telah berkomunikasi dengan Pemkab setempat untuk sarana dan prasarana, karena kondisi di Sumbawa memiliki penginapan yang tidak banyak dibanding Lombok, maka tengah disiasati dengan disiapkan camping ground, homestay hingga penyewaan rumah.

“Menyambut event Internasional ini, kita akan siapkan camping ground, homestay, penyewaan rumah penduduk atau BTN di Sumbawa,” katanya.

Pemprov NTB saat ini sudah mulai melakukan pendataan akomodasi yang akan disiapkan, termasuk rumah penduduk yang akan disulap sementara menjadi penginapan.

“Tahun ini harus bisa melebihi itu (tahun kemarin) dan kami Pemprov NTB siap mendukung,” ujarnya. (red)