KORANNTB.com – Infront Moto Racing selaku pemegang hak penyelenggaraan dan komersial Kejuaraan Dunia Motocross memilih Rembiga Kota Mataram sebagai lokasi gelaran MXGP 2023. Bekas Bandara Selaparang itu kini tengah dijadikan lokasi sirkuit.

Lokasi yang semula sepi itu kini akan menjadi pusat keramaian baru saat event MXGP digelar pada 1-2 Juli 2023. Kini pengerjaan sirkuit mulai dilaksanakan dan pada 15 Mei mendatang Tim Infront akan meninjau pembangunan.

Pembangunan sirkuit MXGP di Lombok disambut gembira warga di sekitar sirkuit. Mereka mengaku sudah lama mendambakan ada pembangunan di bekas bandara.

“Masyarakat di sini sangat sangat mendukung pembangunan sirkuit dan sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah yang menjadikan eks bandara ini jadi sirkuit,” kata Haji Ahwi, Selasa, 9 Mei 2023.

Dia mengatakan warga Lingkungan Kebon Talo Jaya, Kelurahan Ampenan Utara sangat mendukung pembangunan sirkuit untuk membangkitkan perekonomian masyarakat setempat yang dominan bergerak di bidang kuliner.

“Ini menjadi ajang membangkitkan ekonomi. Alhamdulillah masyarakat di sini mendukung semua,” ujarnya.

“Di sini kita dominan kuliner yang dapat dijual baik kepada warga lokal atau warga luar negeri yang datang nanti,” katanya.

Untuk diketahui, sirkuit tersebut memiliki panjang seluas 1,6 kilometer dan lebar 500×144 meter. Sirkuit tersebut terbentang di bekas landasan pacu bandara di Mataram dan memiliki 16 tikungan serta beberapa titik jumping. (red)