KORANNTB.com – Perkembangan zaman dibidang teknologi sudah sangat pesat dalam memberikan bantuan untuk pekerjaan umat manusia hampir dalam semua aspek kehidupan. Bahkan, tingkat kecanggihan dari teknologi sekarang ini sudah memberikan dampak pada kebiasaan baru manusia. Sebuah pekerjaan bisa dilakukan dengan cara virtual dan tidak harus bertemu secara langsung dengan tatap muka.

Ketika sedang melakukan pekerjaan dari jarak yang jauh, beberapa pekerjaan perlu diselesaikan dengan cara yang cepat. Memahami cara melakukan screenshot pada laptop atau komputer dapat sangat membantu anda menyelesaikan tugas tersebut. Screenshot merupakan suatu cara untuk menangkap momen pada layar laptop atau komputer. Hal tersebut pun sudah didukung dengan sistem operasi yang dipakai oleh perangkat komputer tersebut.

Laptop yang diproduksi oleh paribkan Asus memiliki kelebihan serta kekurangannyamasing masing untuk kelasnya. Selain itu pada per tahun,pabrikan gadget yang berasal dari negara Taiwan tersebut sering meluncurkan tipe laptop terbaru yang menyediakan beraneka ragam kemudahan bagi pelanggannya. Salah satunya cara screenshot laptop Asus.

Berikut ini ada beberapa cara screenshot laptop Asus yang bisa dilakukan dengan mudah.

1. Tekan Tombol PrtSc

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai bagaimana cara screenshot laptop Asus, maka cara yang sangat gampang dan dapat Anda praktekan adalah dengan cara menekan PrtSC. Fungsi dari PrtSc adalah menangkap tampilan seluruh layar pada komputer atau laptop. Tangkapan gambar pada layar tersebut akan tersalin secara otomatis dan Anda harus menggunakan beberapa aplikasi supaya bisa melihat hasilnya.

Cara mudah untuk melakukan screenshot pada laptop Asus memakai tombol PrtSc yaitu Anda harus menyimpan terlebih dahulu gambar salianan, sebelum anda menangkap gambar layar yang lainnya.

Seperti contohnya, anggap saja Anda mau screenshot sebuah desain poster pada google yang akan anda gunakan sebagai referensi. Harus anda pastikan jika tidak menyentuh tombol PrtSc pada halaman yang lain. Anda bisa menggunakan Microsoft Paint lalu menekan kombinasi tombol Ctrl + V, untuk menampakan hasil tangkapan layar pada desain poster tersebut. Berikutnya, anda dapat pilih menu save as supaya tangkapan layar tersebut dapat tersimpan.

2. Tekan Tombol Kombinasi Windows + PrtSC

Berikutnya, cara screenshot laptop Asus yang dapat Anda gunakan adalah dengan cara menggunakan kombinasi tombol Windows dan juga PrtSc. Fungsi dari gabungan tombol tersebut yaitu untuk menyimpan secara langsung screenshot secara penuh pada folder penyimpanan yang anda pilih. Jadi Anda tidak harus merasa repot repot lagi membuka aplikasi yang lain untuk menampakan hasil tangkapan layar.

3. Tekan Tombol Kombinasi Alt + PrtSc

Fungsi tombol yang sudah disediakan di laptop Asus tersebut, akan memberikan bantuan bagi Anda untuk melakukan dokumentasi pada layar di jendela yang aktif. Cuma dengan menggunakan kombinasi tombol Alt dan juga PrtSc, Anda dapat memilih halaman mana yang mau anda screenshoot.

Walaupun begitu, cara kerja gabungan tombol tersebut sama saja dengan menggunakan tombol PrtSc. Gambar tidak akan otomastis tersimpan pada hard drive di laptop asus Anda. Dibutuhkan sebuah aplikasi untuk menampilkan hasil dari tangkap layar yang ingin anda tangkap.

4. Memakai Aplikasi Windows Aksesoris Snipping Tool

Apabila dilihat dari segi fungsinya, beberapa cara melakukan screenshot pada laptop Asus yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak terlalu efektif untuk screenshot pada jendela yang aktif di layar laptop sesuai dengan kemauan anda. Jika sudah demikian, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows yaitu Snipping Tool. (red)