KORANNTB.com – UKM PRIMA Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa Nasional (PRISMA) 2023 di Aditorium M. Yusuf Abu Bakar Unram, Sabtu, 27 Mei 2023.

Inti kegiatan tersebut adalah Festival Ilmiah yang dirangkaikan dengan talkshow, expo dan focus group discussion (FGD).

Kegiatan yang mengusung tema “Optimalisasi Inovasi Generasi Muda dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045” dibuka langsung Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Gubernur NTB saat membuka acara meminta mahasiswa menjadikan momen PRISMA 2023 ini agar peserta festival dan finalis PRISMA 2023 dapat menjadikan kegiatan tersebut sebagai momentum berinteraksi dan berkembang. Sesama mahasiswa juga diminta saling menguatkan.

“Saya rasa PRISMA Unram kali ini datang dengan suatu gagasan yang agak berbeda, bahwa bukan anggota PRISMA-nya yang banyak berdiskusi, tapi mungkin buah dari diskusi ini menghadirkan banyak peserta yang punya gagasan untuk bertemu di sini,” kata Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB.

Bang Zul mengatakan kegiatan tersebut sebagai batu loncatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi nantinya dan juga masuk ke berbagai bidang lainnya.

“Bukan juara satu atau juara dua yang penting, tetapi bisa bertemu dalam satu acara yang digagas UKM PRIMA ini adalah momentum luar biasa. Pengalaman, pembelajaran, dan interaksi yang saling menguatkan yang akan merubah masa depan adik-adik semua di masa yang akan datang,” ujarnya.

Festival Ilmiah dimaksudkan untuk menciptakan atmosfir akademik untuk mendorong mahasiswa terlibat dalam pergulatan pemikiran untuk menciptakann inovasi-inovasi hasil karya anak bangsa yang berdaya saing tingkat regional, nasional, maupun internasional.

Orang nomor satu di NTB ini mengapresiasi Unram yang telah mendukung mahasiswa dalam menyelenggarakan kegiatan seperti ini.  Dia berharap akan semakin banyak mahasiswa yang ikut berpartisipasi guna melahirkan saintis muda yang berbakat ke depannya.

“Sehingga Unram bukan hanya dikenal sebagai kampus yang menghasilkan aktivis aktivis yang luar biasa, tetapi juga ke depan mampu menghasilkan saintis-saintis yang tidak kalah luar biasanya,” ujarnya.

PRISMA tahun ke-6 ini menggelar talkshow dengan menghadirkan beberapa narasumber, seperti Senior Manager Research & Innovation Mgmt, Dr. I Ketut Agung Enriko, S.T., M.Sc, Kepala Litbang, Inovasi dan Teknologi BRIDA NTB, L. Suryadi S.P., M.M, pihak Telkom Corporate University Center dan PT Telkom Indonesia.

Acara dimoderatori Yusril Ihza Mahendra S.H, seorang podcaster lokal ternama yang ikut menjembatani pembahasan mengenai inovasi-inovasi yang dihadirkan mahasiswa, demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Acara berlanjut dengan rangkaian Expo yang menghadirkan produk prototype hasil dari inovasi para finalis yang hadir dari penjuru Indonesia. Ditambah produk makanan dan minuman yang telah lolos pendanaan proposal PKM Universitas Mataram.

Kegiatan ditutup dengan FGD antara para finalis dengan peserta festival ilmiah. Mereka membahas bagaimana cara menemukan suatu masalah dan menciptakan solusi yang inovatif agar terciptanya karya tulis yang memberikan manfaat dan mewujudkan Indonesia yang lebih baik lagi. (red)