KORANNTB.com – Ajang balap motocross dunia MXGP akan digelar di Bank NTB Syariah Selaparang International Motocross Circuit pada 1 dan 2 Juli 2023. Pembalap dunia akan hadir di eks Bandara Selaparang Mataram yang kini telah disulap menjadi sirkuit.

Menariknya, event MXGP yang disponsori oleh Bank NTB Syariah itu melibatkan UMKM dan pedagang kaki lima di Kota Mataram yang tentunya akan menggerakan perekonomian di Lombok.

Dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “MXGP Selaparang Harapan Baru bagi PKL dan Pariwisata NTB” yang diselenggarakan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) NTB, menghadirkan Kepala Dinas Perdagangan Provinsi NTB dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB. Diskusi tersebut membahas keuntungan MXGP bagi pedagang dan UMKM.

Ketua APKLI NTB, Abdul Majid mengapresiasi kehadiran MXGP yang memberikan peluang bagi UMKM dan Pedagang Kaki Lima (PKL).

“Kami dari APKLI mengapresiasi langkah untuk melibatkan para UMKM dan PKL. Dinas telah menyiapkan lapak bagi anggota kami,” kata dia, Selasa, 20 Juni 2023.

Dia mengatakan sejak awal PKL telah bersiap untuk menyambut MXGP di Lombok.

“Kami sudah koordinasi dengan anggota untuk diusahakan ikut berjualan di lokasi MXGP. Alhamdulillah tadi sudah diberikan ruang. Kami akan mendata ulang UMKM dan produknya untuk berjualan di acara nanti,” ujarnya.

APKLI yakin bahwa MXGP Samota dan Selaparang akan berdampak positif pada roda perekonomian para UMKM dan PKL.

“Kami yakin dengan adanya MXGP ini roda perekonomian akan naik, apalagi NTB ini selalu menjadi tuan rumah acara internasional,” kata Majid. (red)