KORANNTB.com – Sudah beberapa kasus kecelakaan laut menimpa sampan milik nelayan di NTB September ini. Kondisi gelombang di NTB memang cenderung tinggi belakangan ini dan sangat berbahaya bagi perahu nelayan.

Prakirawan Stasiun Meteorologi ZAM, M. A Pradana mengatakan pada Rabu 6 September 2023 berpotensi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di perairan NTB.

“Waspada tinggi gelombang yang mencapai 2 meter atau lebih di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Selat Sape bagian selatan dan Samudra Hindia Selatan NTB,” kata Pradana, Rabu 6 September 2023 melalui siaran pers.

Untuk diketahui, tinggi gelombang di atas 1,25 meter saja sudah bisa membahayakan perahu nelayan. Kemudian tinggi gelombang di atas 1,5 meter berbahaya bagi kapal tongkang.

“Sedangkan berbahaya bagi kapal ferry jika kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter,” ujarnya.

Tidak hanya nelayan, masyarakat yang beraktivitas di daerah pesisir diimbau untuk berhati-hati terhadap gelombang tinggi tersebut.