KORANNTB.com – Beragam modus kejahatan pencurian uang melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terus berkembang. Baru-baru ini viral modus kejahatan baru dengan cara menempelkan lakban ke cash dispenser mesin ATM.

Cash Dispenser adalah tempat keluarnya uang tunai yang ditarik oleh nasabah yang telah mengambil sejumlah uang menggunakan mesin ATM.

Video baru-baru ini viral seorang nasabah yang mengambil uang di mesin ATM, namun uang yang diambil tidak kunjung keluar. Dia kemudian melaporkan ke petugas satpam.

Saat diteliti lebih lanjut, ternyata tempat keluarnya uang telah ditaruh lakban dan sejenis benda penjepit uang. Sehingga saat nasabah menarik uang mereka, uang tersebut tidak keluar dan justru terjepit.

Ketika uang tidak dapat keluar, biasanya korban mencurigai bahwa terjadi eror pada mesin dan sering pergi meninggalkan mesin. Saat korban pergi, pelaku kemudian datang kembali untuk mengambil uang yang menempel.

“Ada laporan dari masyarakat, kita perhatikan ininya (cash dispenser) menutup. Kita bongkar sama-sama. Jadi uang yang sudah masuk enggak bisa keluar melainkan terhambat di sini. Nanti sama pelaku atau siapa yang sudah memasangnya itu akan diambil uangnya,” ujar seorang satpam pada video yang viral di Instagram, dilansir dari @medantalkviral.

Saat petugas membuka lakban tersebut, benar saja setumpuk uang pecahan Rp50 ribu menempel di alat yang dipasang pelaku.

Pelaku menggunakan sebuah lakban dan plank yang diberi lem untuk menutup lubang tempat biasa uang keluar. Uang yang keluar akan  menempel oleh lem yang dipasang pelaku.

Untuk menyaksikan videonya, dapat dilihat pada di sini.