Dia juga menyoroti rencana memperbanyak infrastruktur creative hub di daerah harus juga memperhatikan dari keberlanjutan operasional, pemeliharaan fasilitas dan ekosistem bisnis di dalamnya.

“Karena jangan sampai creative hub hanya berusia seumur jagung yang berujung pada terlantarnya fasilitas yang sudah dibangun,” ujar dia.

Kemudian Program Pusat Industri Halal Global, Pengembangan Wisata Halal atau Wisata Ramah Muslim bisa menjadi salah satu sub programnya. Wisata Halal yang dikembangkan adalah tentang gaya hidup dan extended services yang diperuntukkan bagi wisatawan yang memang membutuhkan layanan halal di saat mereka berlibur

Pasangan Ganjar-Mahfud (Instagram @ganjar_pranowo)

“Wisata halal ini juga bicara tentang peluang bisnis di dalam meraih market wisatawan muslim dunia. Perlu diingat Indonesia menduduki peringkat teratas destinasi ramah muslim di dunia menurut Indeks Perjalanan Muslim Global (Global Muslim Travel Index/GMTI) 2023 yang dikeluarkan oleh Mastercard dan CrescentRating,” katanya.

Untuk program Wisata Maritim Mendunia, Taufan mengatakan pengembangan wisata maritim di Indonesia tidak terlepas dari tantangan yang selalu menjadi persoalan klasik dilapangan , seperti misalnya optimalisasi potensi pesisir dan pulau-pulau kecil, terutama dalam hal kegiatan perikanan dan pengembangan wisata bahari, masalah konektivitas yang belum memadai sehingga berdampak kepada mahalnya paket – paket wisata maritim di daerah – daerah favorit.

Kemudian, persoalan lingkungan hidup karena seringkali obyek-obyek wisata maritim menjadi rusak karena diakibatkan oleh pencemaran ataupun ulah manusia.

“Sedang yang keempat adalah penataan ruang laut yang membutuhkan perhatian, zonasi wisata, konservasi maritim, pengaturan batasan kunjungan demi menjaga kelestarian ekosistem bawah laut yang ada di daerah laut tersebut,” kata dia.

Dia mengatakan visi misi Ganjar-Mahfud terkait sektor parekraf adalah cerminan dari keinginan pasangan ini untuk melanjutkan program – program yang selama ini memang dilaksanakan di era Jokowi – Amin.

“Kita berharap program-program ini tidak saja akan kaya dengan inovasi dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat tetapi juga mampu menuntaskan persoalan-persoalan krisis pariwisata yang terjadi di destinasi,” ujarnya.

“Sehingga visi misi Ganjar-Mahfud menuju Indonesia Unggul dibarengi pula dengan keunggulan sektor pariwisatanya yang paripurna,” katanya.