KORANNTB.com – Calon presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD telah resmi mendaftar ke KPU pada Kamis 19 Oktober 2023. Ganjar-Mahfud menawarkan visi-misi yang diberi judul ‘Menuju Indonesia Unggul:  Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari’.

Dari visi misi tersebut, terdapat empat program yang berkaitan dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Pertama, Indonesia Tujuan Utama Pariwisata Dunia: berkaitan dengan pembangunan pariwisata yang terintegrasi, berkualitas, berbasis masyarakat lokal dan berkelanjutan. Melipatgandakan destinasi pariwisata super prioritas dan memperluas promosi destinasi wisata khas Indonesia untuk mencapai target jumlah wisatawan mancanegara  sebesar 30 juta pada tahun 2029.

Kedua, Ekonomi Kreatif Makin Melaju: menjadikan pelaku ekonomi kreatif jago kandang dan jago tandang melalui pendampingan profesional, bahan baku, teknologi, permodalan, hak cipta, pasar, koneksi industri, dan ruang publik, serta memperbanyak infrastruktur creative hub di setiap daerah.

Ketiga, Pusat Industri Halal Global yaitu optimalisasi pasar halal nasional yang terintegrasi dan berstandar internasional sekaligus mendorong ekspor produk halal dengan melibatkan UMKM dalam rantai pasok industri halal.

Keempat, Wisata Maritim Mendunia yaitu pengembangan kawasan wisata bahari, Kawasan Ekonomi Khusus wisata bahari, serta meningkatkan daya tarik investasi wisata maritim.

Indonesia Tourism Strategist, Taufan Rahmadi mengatakan dari empat program tersebut, yang menjadi fokus Ganjar-Mahfud adalah memperhatikan nilai-nilai keberlanjutan, kelestarian dan dampak pariwisata bagi kesejahteraan masyarakat.