KORANNTB.com – NTB saat ini memasuki peralihan musim kemarau ke musim hujan. Beberapa wilayah di NTB saat ini diguyur hujan dari intensitas ringan, sedang hingga lebat. Terkadang beberapa pekan belakangan hujan disertai petir.

Bagaimana dengan cuaca di NTB ke depan? BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid (ZAM) Praya, mengeluarkan prediksi cuaca di NTB mulai 20 November hingga 26 November 2023 atau selama satu pekan.

Prakir Stasiun Meteorologi ZAM, Desi Megawati mengatakan pada 20-22 November cuaca di NTB didominasi cerah berawan hingga hujan sedang.

Hujan ringan hingga sedang berpotensi terjadi di Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Kota Bima dan Dompu pada pagi hingga malam hari.

“Suhu udara berkisar 23-35 derajat celcius. Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari tenggara – barat daya dengan kecepatan angin maksimum mencapai 35 km/jam,” katanya.

Hujan Lebat

Sementara pada 23-26 November cuaca diprediksi cerah berawan dan hujan lebat. Hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi di seluruh kabupaten dan kota di NTB.

“Suhu udara berkisar 24-35 derajat celcius,”  kata Desi.

Angin permukaan bertiup dengan variasi arah dominan dari tenggara – barat daya dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 km/jam.