KORANNTB.com – Media sosial dihebohkan dengan munculnya draf reshuffle kabinet Presiden Jokowi yang menggantikan posisi Mahfud MD. Posisi Menko Polhukam Mahfud MD disebut diganti oleh Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahyanto.

Dalam draf yang di posting di media sosial, ada sebanyak 13 posisi yang diganti. Sebanyak 11 menteri ditambah Panglima TNI dan Kepala BIN.

Postingan di media sosial mengaitkan tidak netralnya Presiden Jokowi dalam merombak para menteri. Jokowi disebut mempertahankan Menhan Prabowo Subianto dan menyingkirkan Menko Polhukam Mahfud MD.

Penelusuran Fakta

Penelusuran fakta yang dilakukan koranntb, bahwa tidak benar ada pergantian kabinet Jokowi. Kabar tersebut telah dibantah istana.

Dilansir dari bloombergtechnoz.com, Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGN Ari Dwipayana membantah kabar tersebut.

“Dokumen itu jelas hoax,” katanya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya kabar yang belum jelas seperti itu.

“Mengingat banyaknya hoax dan kabar bohong yang beredar belakangan ini, kami mengimbau agar publik melakukan check and recheck dan tidak mudah percaya pada informasi dan berita-berita yang tidak berasal dari sumber yang resmi dan kredibel,” ujarnya.

Sumber

https://www.bloombergtechnoz.com/detail-news/21620/beredar-salinan-daftar-reshuffle-ada-nama-mahfud-md-istana-hoax/2

Kesimpulan

Gambar yang menunjukan perombakan Kabinet Indonesia Maju diklaim menyingkirkan Mahfud MD dan mempertahankan Prabowo Subianto. Faktanya gambar tersebut tidak benar.