KORANNTB.com – Desember NTB berpotensi diguyur hujan lebat. Curah hujan pada dasarian I Desember 2023 atau tanggal 1-10 Desember di Nusa Tenggara Barat (NTB) cukup tinggi. Berdasarkan prakiraan BMKG, sejumlah wilayah di NTB akan diguyur hujan.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat, Suci Agustiarini mengatakan curah hujan dengan intensitas tinggi (>150 mm/das) berpeluang terjadi disebagian wilayah Lombok Tengah dan Lombok Barat bagian utara  dengan peluang 30 – 50%.

Kemudian di sebagian wilayah Sumbawa bagian barat dan Bima bagian utara (sekitar Tambora) terdapat peluang curah hujan dengan intensitas 100-150 mm/das.

“Hujan dengan intensitas 50-100 mm/das berpeluang terjadi diseluruh pulau Lombok, sebagian Bima bagian barat, Sumbawa Barat, dan sebagian Sumbawa bagian barat dengan peluang >50%,” katanya dalam keterangan pers, Kamis, 30 November 2023.

Potensi Bencana

Pada Desember NTB berpotensi diguyur hujan lebat. Pada masa peralihan menuju musim hujan 2023/2024, masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat, angin kencang yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal.

Beberapa wilayah yang memiliki peluang hujan degan kategori tinggi perlu mewaspadai terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

“Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan hujan yang turun untuk mengisi penampungan air seperti embung, waduk, atau penampungan air hujan lainnya,” ujarnya.