KORANNTB.com – Sebanyak 11 pendaki tewas terkena erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat. Hal tersebut diungkapkan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Padang, Senin, 4 Desember 2023.

Menurut Kepala Basarnas Padang, Abdul Malik, 11 pendaki tewas terkena erupsi. Mereka ditemukan hari ini.

“11 pendaki dalam keadaan MD (meninggal dunia) hingga pukul 07.00 WIB. Sedangkan tiga orang (pendaki) lainnya selamat,” katanya.

Korban tewas dalam proses evakuasi petugas dari atas gunung. Hingga kini belum diketahui identitas para pendaki yang tewas tersebut.

Sebelumnya, Basarnas mengungkapkan ada sebanyak 75 pendaki yang terjebak di Gunung Marapi saat gunung tersebut erupsi pada Minggu sore, 3 Desember 2023. Ada sebanyak 49 pendaki dievakuasi dalam keadaan selamat, sementara masih 12 pendaki lainnya belum berhasil dievakuasi atau belum ditemukan.

Beredar luas di media sosial seorang pendaki yang tubuh dan wajahnya dipenuhi lumpur meminta bantuan karena terjebak. Namun belum dapat terkonfirmasi secara independen identitas dan lokasi kejadian.

Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatera Barat tersebut meletus dengan mengeluarkan abu letusan sejauh 3 ribu meter. Letusan tersebut disertai suara gemuruh. Warga di sekitar gunung kemudian mengevakuasi diri.